Batam (ANTARA) - Sebanyak lima juta masker dibagikan untuk masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Riau, demi membantu mencegah penularan COVID-19, Selasa.

"Hari ini dilakukan serentak di seluruh Kepri," kata Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar dalam penyerahan penghargaan kepada penyumbang masker dan penyerahan masker kepada masyarakat di Batam.

Pembagian masker dilakukan pada peringatan Hari Pahlawan, 10 November, guna meneladani semangat juang pahlawan. Dengan spirit itu pula, Pemprov Kepri mengajak masyarakat menjadi pahlawan dengan turut swadaya mengumpulkan dan membagikan masker.

Baca juga: Kepri kembali terima bantuan 1,5 juta masker dari Singapura

Menurut dia, kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker masih belum sesuai dengan harapannya. Apalagi, masih ada masyarakat yang belum mampu membeli masker.

Karenanya perlu gerakan bagi-bagi masker demi membantu masyarakat.

Ia menjabarkan, hingga waktu terakhir pihaknya mengumpulkan 6,2 juta masker dan kemudian dibagikan untuk masyarakat.

Sebanyak 6,2 juta masker itu, antara lain 1,5 juta lembar merupakan sumbangan Himpunan Kawasan Industri Batam, dua juta lembar dari Yayasan Temasek, dua juta lembar dari Konjen Singapura dan selebihnya dari unsur pemerintah, TNI, Polri, instansi vertikal serta swadaya masyarakat.

"Mudah-mudahan upaya ini bermanfaat bagi kita semua. Semua bekerja keras. Tidak mungkin upaya melawan COVID-19 kalau pusat sendiri," kata dia.

Di tempat yang sama, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan program bagi-bagi masker adalah hal yang penting untuk memerangi COVID-19.

Ia juga mengapresiasi langkah gerakan lima juta masker yang diadakan Pemprov Kepri guna melindungi masyarakatnya dari paparan Virus Corona.

Baca juga: Kota Kediri dapat bantuan 10.000 masker dari Bank Jatim
Baca juga: DIY bagikan satu juta masker bantuan BNPB

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020