Medan (ANTARA) - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara Selasa sekitar pukul 14.22 WIB kembali meluncurkan awan panas guguran (APG) sejauh 1.500 meter ke arah timur tenggara

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Purba mengatakan embusan angin juga mengarah ke timur-tenggara Gunung Sinabung.

Ia menyebutkan, luncuran awan panas Gunung Sinabung itu diketahui dari hasil pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Jumlah guguran 8 (delapan), amplitudo 3-70 mm, durasi 15-73 detik," ujarnya.

Baca juga: Gunung Sinabung erupsi lagi, luncurkan awan panas sejauh 1.500 meter

Sebelumnya, Gunung Sinabung erupsi Rabu (4/11) sekitar pukul 12.00 WIB meluncurkan awan panas 1.500 meter mengarah ke timur dan tenggara.

Selain itu, teramati guguran dengan jarak luncur 500-1000 meter mengarah ke timur dan tenggara.Gunung Sinabung jelas hingga kabut 0-1.Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 50-200 meter di atas puncak kawah.Jumlah awan panas guguran 1 (satu), amplitudo 120 mm, durasi 155 detik.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 Km dari Puncak Gunung Sinabung.Selanjutnya radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 Km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu,masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Baca juga: Gunung Sinabung kembali luncurkan awan panas, warga diimbau menjauh
Baca juga: BPBD Karo: Gunung Sinabung luncurkan awan panas 2.000 meter

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020