Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyebutkan bahwa penambahan 103 kasus konfirmasi positif COVID-19 merupakan lonjakan tertinggi di provinsi itu dalam satu harinya.

"Penambahan kasus COVID-19 ada 103 ini adalah yang tertinggi sejak virus corona merebak di provinsi ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Kamis.

Dia mengatakan bahwa dengan bertambahnya 103 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 total kasus virus corona di Lampung berjumlah 2.548.

"Dari 103 kasus ini, pasien COVID-19 berasal Kota Bandarlampung berjumlah 40 orang, Kabupaten Pesawaran 37 orang," kata dia.

Baca juga: DPRD Lampung: Siapkan rumah sakit darurat antisipasi lonjakan kasus

Pasien COVID-19 dari Kota Metro enam orang, Kabupaten Lampung Timur delapan orang, Lampung Tengah sembilan orang Tanggamus satu orang dan Lampung Barat dua orang.

Kadinkes juga mengungkapkan bahwa dari 103 kasus tersebut 69 orang didapatkan dari hasil penelusuran (tracing) dan 34 lainnya merupakan kasus baru.

"Untuk pasien yang menjalani perawatan ada enam orang sedangkan 97 lainnya menjalani isolasi mandiri," kata dia.

Baca juga: Pemkot Bandarlampung tes cepat 2.878 orang hendak ke kota setempat

Reihana pun mengungkapkan bahwa jumlah pasien yang telah selesai isolasi di Lampung mengalami penambahan 20 kasus sehingga total pasien sembuh hingga kini berjumlah 1.505.

Pasien sembuh tersebut terdiri dari Kabupaten Tanggamus 12 orang, enam orang dari Lampung Tengah, satu orang dari Kota Metro dan satu lagi dari Pesawaran.

"Untuk pasien yang meninggal dunia juga ada penambahan dua dari Kota Bandarlampung," kata dia.

Sehingga, lanjut dia, dengan tambahan dua kasus kematian akibat COVID-19 jumlah pasien meninggal dunia di Lampung berjumlah 110 orang.

Baca juga: IDI sebut 3M harus tetap diterapkan meski ada vaksin COVID-19

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020