PMI siap bantu distribusikan vaksin COVID-19

id Jusuf Kalla, Ketua PMI Pusat, distribusi vaksin COVID-19

PMI siap bantu distribusikan vaksin COVID-19

Ketua PMI HM Jusuf Kalla. ANTARA FOTO/dok.

Makassar (ANTARA) - Ketua Umum Palang Merah M. Jusuf Kalla mengatakan PMI siap membantu pendistribusian vaksinasi COVID-19 ke seluruh pelosok Indonesia saat vaksin tersebut tiba di Tanah Air.

Hal tersebut dikemukakan JK di sela kehadirannya meresmikan arenatorium di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan PMI telah menyiapkan sekitar 230 unit donor darah (UDD) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang berfungsi sebagai pos pemberian vaksin disertai ribuan tenaga vaksin.

Sementara itu, menindaklanjuti arahan dari Ketua Umum PMI, pimpinan Humas PMI Sulsel Syahrul Rustam mengemukakan berdasarkan laporan yang diperolah sebanyak 200-an UDD sudah siap membantu pendistribusian vaksin di lapangan.

"Karena itu, sesuai instruksi Pak JK, dari 200-an UDD itu salah satunya di Sulsel dari 200-an UDD yang dipastikan ada dua UDD di Sulsel yang telah beroperasi salah satunya di Makassar sementara UDD lainnya yang tersebar di 24 kabupaten/kota," katanya.

Berdasarkan instruksi dan arahan Ketua PMI Pusat, seluruh relawan akan dilibatkan penuh dalam proses pendistribusian vaksin, namun khusus Sulsel akan difokuskan di Kota Makassar melalui UDD setempat.

"Pak JK sudah instruksikan peran relawan agar dimaksimalkan utamanya pada saat pendistribusian vaksin di setiap daerah," tutupnya.

Mengenai kesiapan tersebut, Ketua UDD PMI Makassar Syamsu Rizal mengatakan jajarannya siap melaksanakan tugas sesuai instruksi PMI pusat.

Apalagi tugas ini merupakan tugas mulia untuk menekan dan mencegah penyebaran kasus COVID-19.

Baca juga: Menkeu sebut logistik dan distribusi vaksin COVID-19 tidak mudah
Baca juga: PBB Indonesia: Distribusi vaksin COVID-19 perlu kebijakan inklusif
Baca juga: Kemenhub rancang rute penerbangan pendistribusian vaksin COVID-19

 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar