Pertama, yang jelas stabilitas ekonomi makro nasional tetap terjaga. Ini penting untuk memastikan kondisi ekonomi nasional tidak menjadi lebih buruk...
Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita ekonomi pada Jumat (13/11) kemarin yang menyita perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca pada Sabtu pagi ini.

Beberapa di antaranya adalah pemerintah yang menegaskan tak ada trade off antara ekonomi dan lingkungan hingga Kepala Staf Kepresidenan mengapresiasi keringanan bea masuk dari AS untuk produk ekspor RI dalam skema Generalized System of Preferences (GSP).


1. Pemerintah tegaskan tak ada "trade off" antara ekonomi dan lingkungan

Pemerintah Indonesia menegaskan tidak ada trade off atau pertukaran antara pemulihan ekonomi dan pelestarian lingkungan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan, Bappenas terus menekankan tidak ada trade off, sekali lagi, tidak ada trade off antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa dalam Kick Off COREMAP-CTI di Sorong, Papua Barat, Jumat, yang juga disiarkan secara daring.

Baca selengkapnya di sini


2. Ini alasan pelaku usaha tetap optimistis di tengah resesi ekonomi

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta Kamdani menyampaikan bahwa masih terdapat titik terang untuk tetap optimistis untuk terus menjalankan bisnis di tengah resesi ekonomi yang melanda Tanah Air.

“Pertama, yang jelas stabilitas ekonomi makro nasional tetap terjaga. Ini penting untuk memastikan kondisi ekonomi nasional tidak menjadi lebih buruk daripada saat ini dan pelaku usaha juga lebih bisa memproyeksikan risiko-risiko usaha yang lebih positif di tengah pandemi. Selain itu, tanpa stabilitas ekonomi makro, investasi dan penciptaan lapangan kerja akan sangat sulit dilakukan,” kata Shinta melalui pesan elektronik di terima di Jakarta, Jumat

Baca selengkapnya di sini


3. Menteri Edhy sebut KKP fokus permudah perizinan usaha sektor perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) fokus untuk mempermudah perizinan usaha sektor kelautan dan perikanan di berbagai daerah.

"Kemudahan perizinan usaha memang menjadi fokus utama KKP, sesuai amanat Presiden Joko Widodo," kata Edhy Prabowo dalam rilis di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini


4. Hari ketiga, pameran dagang virtual RI catat transaksi 2 juta dolar AS

Pada hari ketiga pelaksanaan pameran dagang Trade Expo Indonesia Virtual Event (TEI-VE) 2020, program misi pembelian berhasil mencatatkan kontrak dagang sebesar 2 juta dolar AS.

Kontrak tersebut berasal dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT Rodamas Inti International dari Indonesia dan Fok Hing (HKO Trading Ltd) dari Hongkong, dengan komoditas bumbu makanan.

Baca selengkapnya di sini


5. Moeldoko apresiasi keringanan bea masuk dari AS bagi produk ekspor RI

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengapresiasi perpanjangan fasilitas keringanan bea masuk dalam skema Generalized System of Preferences (GSP) yang diberikan pemerintah Amerika Serikat (AS) bagi produk ekspor dari Indonesia.

“Ini menjadi supporting (dukungan) yang luar biasa untuk Indonesia dalam meningkatkan perekonomian menjadi semakin lebih baik,” kata Moeldoko saat menerima Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Yong Kim di Gedung Bina Graha Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020