London (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Sofia mencatat Kesepakatan Kemitraan (Partnership Agreement) antara Mustika Ratu Indonesia dan IDEA Group Bulgaria dalam penyelenggaraan open registration and virtual interaction Trade Expo Indonesia (TEI) di Sofia, Bulgaria.

Kepala Fungsi KBRI Sofia, Bahana Menggala Bara kepada Antara London, Sabtu menyebutkan KBRI Sofia memfasilitasi penandatanganan Partnership Agreement secara digital oleh IDEA Group disaksikan secara live virtual oleh pihak Mustika Ratu.

Dikatakan saat yang sama, produk sarung tangan Stargloves Indonesia selangkah menuju penetrasi di pasar Bulgaria.

Baca juga: Film pariwisata Indonesia raih penghargaan di ITFF Bulgaria

Di tengah penyelenggaraan open registration, sampel nitrile gloves Indonesia sampai di Bulgaria guna mendapat inspeksi mendalam oleh perusahaan Bulgaria.

Dia menambahkan perusahaan Indonesia termasuk Kimia Farma dan perusahaan Bulgaria lainnya juga  terus membangun jejaring secara aktif.

Pengusaha Bulgaria Ilian Dimitrov mengatakan secara khusus produk Indonesia layak ada di pasar Eropa terutama di Bulgaria.

Dikatakannya promo perdagangan produk Indonesia di Eropa perlu diperluas. “nitrile gloves Indonesia miliki kualitas yang bersaing,” ujarnya.

Baca juga: Bulgaria tak terapkan larangan berpergian ke Indonesia terkait Corona

Sementara Andrey Adrev importir Bulgaria yang telah mendatangkan furnitur dari Indonesia memberikan testimoninya “produk furnitur Indonesia sangat berkualitas dan bersaing”.

Berbagai partisipan secara terbatas hadir baik secara langsung maupun virtual dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Sample produk Indonesia yang terdiri dari produk mie dan kopi instan pun ludes diminati pengusaha Bulgaria yang hadir pada acara tersebut.

Bulgaria merupakan negara anggota Uni Eropa berbatasan langsung dengan Turki, Yunani, Rumania dan kawasan Balkan yang memiliki geopolitis strategis dan akses pasar kawasan UE, Asia, dan Balkan.

Dalam event tersebut, Mr. Vibiadhi, Vice GM Debindo (organizer TEI) memberikan presentasi komprehensif terkait TEI virtual 2020.

 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020