Jambore dan Festival Genre wujudkan generasi produktif digelar Sultra

id Bkkbn,jambore,festival,Genre,Sultra

Jambore dan Festival Genre wujudkan generasi produktif digelar Sultra

Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN Dr dr Muhammad Yani, saat menghadiri Penganugerahan jambore ajang kreativitas remaja dan Festival Genre Sultra, di Kendari, Sabtu (14/11/2020). FOTO ANTARA/Suparman.

Kendari (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Forum Generasi Berencana (Genre) menggelar jambore ajang kreativitas remaja dan Festival Genre tingkat Sultra tahun 2020 dalam rangka mewujudkan generasi millenial yang produktif.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan bernilai positif guna memupuk kebersamaan dan semangat para remaja dari masing-masing kabupaten/kota di seluruh wilayah Sultra dalam rangka meningkatkan kreativitas, pengetahuan dan pemahaman remaja tentang program Generasi Berencana. Kegiatan ini dapat menjadikan Remaja semakin produktif, aktif, dan inovatif," kata Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN  Dr dr Muhammad Yani, saat penganugerahan jambore ajang kreativitas remaja dan Festival Genre Sultra, di Kendari, Sabtu.

Ia mengatakan, remaja ini akan menjadi agen perubahan bagi sekolah dan lingkungan dalam menyampaikan program-program generasi berencana, melakukan promosi dan sosialisasi melalui digitalisasi kepada seluruh remaja, karena mereka hidup di era globalisasi informasi.

"Saya yakin bahwa remaja yang hadir disini merupakan remaja pilihan, remaja yang berprestasi dan berkarakter," katanya.

Untuk mewujudkan Generasi Berencana, khususnya di Sultra, kata dia, remaja dihadapkan dengan lingkungan yang berkembang dengan sangat pesat dan cepat yang suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, telah hadir era teknologi informasi atau lebih dikenal dengan zaman "now".

"Ya, zaman di mana generasi yang sangat dekat dengan teknologi, Kehidupan generasi ini tidak bisa dilepaskan dari internet, generasi yang lahir ketika handphone dan media sosial mulai muncul, sehingga wajar apabila generasi ini lebih melek teknologi dibanding generasi-generasi sebelumnya," katanya.

M Yani juga mengaku mengapresiasi kegiatan-kegiatan generasi muda dan remaja di Sultra karena dengan kegiatan yang dilakukan telah membuahkan hasil yang dapat dibanggakan dengan membawa nama daerah Sultra di tingkat Nasional seperti Juara 2 Nasional Iklan Layanan Masyarakat 2018 dan Juara 2 Nasional Lomba Flashmob ADU JAK 2019.

Wakil gubernur Sultra, Lukman Abunawas selaku "Ayah Genre" Sultra dalam kesempatan itu mengaku akan terus mendorong semangat Genre di Sultra untuk terus melakukan hal-hal produktif, kreatif dan inovatif.

"Generasi muda harus memberikan andil dalam proses pembangunan, melalui saran-saran dan masukan yang yang disesuaikan dengan era millenial," katanya.

Sementara itu kepala BKKBN Sultra, Asmar, melaporkan kegiatan itu diikuti sebanyak 300 Genre dari 13 kabupaten kota se Sultra dan berlangsung selama tiga hari.

"Harapan dari kegiatan itu adalah meningkatnya indeks pengetahuan kesehatan reproduksi remaja melalui pemanfaatan media ramah remaja dan meningkatkan median usia kawin pertama pada laki-laki dan perempuan," katanya.

Baca juga: Putra-putri Kendari wakili Sultra pemilihan Duta Genre nasional

Baca juga: BKKBN ajak jadikan meja makan wadah berdialog keluarga

Baca juga: BKKBN: GenRe menyiapkan masa depan remaja Indonesia

Pewarta : Hernawan Wahyudono dan Suparman
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar