Jakarta (ANTARA) - Tim nasional U-19 menjalani latihan perdana di Stadion Madya, Senin, sebagai persiapan untuk menghadapi dua even besar, yakni Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 pada tahun depan.

"Pada TC kali ini kami lebih fokus untuk melihat mental pemain dalam menjalani semua program latihan yang diberikan oleh tim pelatih. Karena semua program latihan dari coach Shin Tae-yong adalah bagaimana pemain menjalani latihan itu dengan baik," ujar Nova Aryanto, asisten pelatih timnas U-19 dikutip dalam laman resmi PSSI, Senin.

Mantan pemain bertahan Persib itu mengatakan pada awal-awal intensitas latihan tak terlalu berat. Mereka diberi instruksi latihan naik-turun tangga dan Skipping guna menjaga daya tahan setelah beberapa hari menjalani latihan virtual.

Latihan ini tetap dipantau oleh pelatih Shin Tae-yong secara virtual karena masih berada di Korea Selatan dan direncanakan datang ke Indonesia pada akhir November.

Jika tak ada aral melintang, timnas U-19 akan kembali menjalani TC di luar negeri. Tiga negara dibidik jadi pelabuhan selanjutnya yakni Belanda, Korea Selatan, dan Jepang.

Menurutnya, seluruh kondisi pemain dalam keadaan bugar dan tengah beradaptasi lagi di lapangan. Mereka akan terus digenjot agar menyamai fisik seperti saat menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

"Kami berharap mereka bisa berlatih lebih maksimal untuk mengejar kondisi fisik dengan pemain yang sudah lama bergabung dengan tim," kata dia.

Sementara itu, pemain debutan di TC timnas U-19, Kakang Rudianto mengatakan bahwa ia sangat bangga dan antusias mengikuti TC kali ini. Ia pun bertekad untuk menampilkan penampilan terbaik dan menembus skuad timnas U-19.

"Latihan perdana ini cukup berat dan saya harus bisa mengimbangi intensitas latihan ini dengan kerja keras. Untuk adaptasi saya terus berkomunikasi dengan pemain yang lama atau pun yang baru dipanggil," kata dia.

Baca juga: PSSI ingin pemain Indonesia banyak yang berkarier di luar negeri
Baca juga: Menpora jamin Piala Dunia U-20 terapkan protokol kesehatan ketat
Baca juga: Pemkab Sumedang berharap tuah Piala Dunia U-20
Baca juga: Shin Tae-yong berharap Liga 1-2 segera bergulir demi Piala Dunia U-20

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020