Jakarta (ANTARA) - Penyanyi muda, Arfa Marqia yang dikenal melalui single "Malaikat Pelindungku" dan "Lagu Buat Ibunda" ciptaan Lendra Restu Librata, menggemari dan merasa bangga saat mengenakan busana batik.

Arfa, dalam siaran pers pada Senin, menyatakan kecintaannya terhadap batik bertumbuh saat ia masih duduk di Sekolah Dasar, setelah diajak gurunya membuat batik tradisional, dan ternyata hal itu tidak mudah.

Ia mengatakan, canting untuk menggambar batik sangat panas dan apabila terkena tangan menimbulkan rasa perih. Namun pengalaman unik itu justru menjadi begitu berkesan bagi Arfa, sehingga membuatnya lebih memahami dan mencintai batik.

"Caranya membuatnya sangat sulit, cantingnya juga panas dan kalau kena tangan perih banget, ya semacam kena lem tembak jadi nempel dan panas banget. Semenjak itu aku jadi sangat suka dengan batik karena proses pembuatannya memang butuh keahlian tersendiri dan semenjak itulah batik is my choice fashion,” kata dia.

Arfa mengaku pada dasarnya sangat menyenangi semua jenis batik, namun yang selalu menjadi andalannya adalah motif kawung dan parang serta batik asal Indonesia timur.

"Pada dasarnya aku suka semua jenis batik, apalagi motifnya yang unik dan etnik, seperti motif kawung dan parang juga motif khas Indonesia timur. Apalagi batik juga banyak dicari orang-orang manca negara untuk dijadikan oleh-oleh ke negaranya. Jadi bangga dong sama batik Indonesia,” ujar Arfa.​

Arfa menilai bahwa busana itu cocok dipakai untuk segala macam suasana baik formal maupun informal.

“Saya senang memakai batik karena coraknya yang cenderung etnik dan nyaman dipakai. Selain itu batik sangat cocok dipakai dalam segala suasana dan segala umur," kata Arfa.

"Untuk itu, anak milennial harus bangga berbatik apalagi batik sudah dijadikan warisan dunia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009, maka kita mengenal 2 Oktober sebagai adalah Hari Batik," kata Arfa.

Arfa memulai karirnya sebagai penyanyi dengan mengcover lagu-lagu yang sedang hits di channel YouTube "Arfa Marqia", kemudian ia merilis single berjudul "Malaikat Pelindungku" ciptaan Umaru Takaeda mantan vokalis Drive yang menuai pujian Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla.

Baca juga: Tembang baru Arfa Marqia berkisah tentang ibu

Baca juga: JK puji single perdana Arfa Marqia

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020