Usulan IDI tunda libur akhir tahun disepakati Gubernur Jateng

id ganjar pranowo,usulan IDI,libur akhir tahun

Usulan IDI tunda libur akhir tahun disepakati Gubernur Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan sepakat dengan usulan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengenai penundaan libur panjang pada akhir 2020 guna mencegah meluasnya penyebaran COVID-19.

"Setuju dengan usulan IDI soal penundaan libur akhir tahun," katanya usai rapat penanganan COVID-19 di kantor Gubernur Jateng, Semarang, Senin.

Selain itu, ia juga telah melakukan pemetaan dan berkoordinasi dengan jajaran Polda Jateng terkait dengan potensi kerumunan orang tanpa penerapan protokol kesehatan pada libur panjang akhir tahun.

"Kita sudah menyiapkan antisipasinya. Kan masih ada potensi kerumunan, misalnya Maulid Nabi, akan ada Natal, mungkin perayaan di luar itu adalah tahun baru," katanya.

Orang nomor satu di Jateng itu menegaskan semua potensi kerumunan yang tidak dilakukan pembatasan tidak akan mendapat izin dari kepolisian.

"Kalau dari kepolisian, kalau tidak dibatasi tidak akan diizinkan," kata Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar IDI dr Daeng Faqih menyarankan penundaan libur panjang Natal dan Tahun Baru pada 24-31 Desember 2020 karena berpotensi mengulang rekor COVID-19 seperti terjadi usai libur panjang akhir Oktober 2020.

Selain memicu mobilitas warga yang tinggi, ia menyebut liburan bisa membuat masyarakat abai pada protokol kesehatan yakni memakai maske, menjaga jarak, mencuci tangan (3M).

Baca juga: IDI: Mohon masyarakat tidak perberat situasi COVID-19

Baca juga: Ketua IDI Jateng sarankan bentuk satgas hingga tingkat kelas

Baca juga: IDI Aceh minta orang tua tak bawa anaknya liburan

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar