Jakarta (ANTARA) - Asisten penulis "Crash Landing on You", Gwak Moon-wan atau Kwak Moon-wan mengatakan senang dapat memberikan sudut pandang baru tentang masyarakat Korea Utara yang selama ini dianggap sangat tertutup.

Dalam drama yang dibintangi oleh Hyun Bin dan Son Ye Jin ini sebagian besar menceritakan tentang kehidupan warga Korea Utara dan juga militernya. Tak hanya cara berpakaian, kebiasaan serta cara bergaulnya digambarkan dengan detail berkat bantuan Moon-wan yang merupakan pembelot Korea Utara.

Moon-wan menyadari jika seluruh dunia menganggap Korea Utara sebagai negara yang tertutup, oleh karenanya dia pun memberikan sudut pandang dan informasi baru perihal warga negara tersebut.

Baca juga: Pihak "Crash Landing On You" jawab rumor Yoon Se Ri hamil

Baca juga: "Crash Landing on You" dianggap bermasalah karena muliakan Korea Utara


"Saya sangat setuju kalau negara internasional sampai sekarang masih melihat Korea Utara sangat tertutup, tapi kami mencoba untuk mengubah pikiran orang-orang dengan memperlihatkan ('Crash Landing on You') lingkungan di mana orang-orang saling mencintai dan bagaimana kehidupan mereka," kata Moon-wan dalam program KOCIS (Korean Culture and Information Service) bersama ANTARA, Selasa.

Meski demikian, Moon-wan membantah jika dia dan tim "Crash Landing on You" menggunakan drama tersebut untuk mengenalkan budaya Korea Utara.

"Tujuan kita bukan untuk mengenalkan Korea Utara, karena Korea Utara kan sampai sekarang masih terlihat sangat tertutup. Ini hanya untuk melihat Korea Utara dari sisi yang baru dan dari sudut pandang baru," ujar Moon-wan.

Saat masih tayang, "Crash Landing on You" sendiri sempat mendapat kritikan tajam dari salah satu partai politik di Korea Selatan karena dianggap seperti memuja Korea Utara. Bagi Moon-wan hal tersebut tidak perlu dibesar-besarkan karena pada dasarnya cerita ini hanyalah sebuah drama.

"Memang ada satu isu yang digunakan tapi ini malah menjadikan drama ini lebih dicintai lagi. Semua orang memiliki pikiran yang berbeda-beda dan mempunyai pikiran yang berbeda dengan Korea Utara sendiri, tapi ini memang drama yang berbeda dengan yang lain jadi orang-orang bisa mengerti karena ini hanya drama saja," ujar Moon-wan.

Baca juga: "Crash Landing on You" bukan kisah nyata, tapi..

Baca juga: Asisten penulis "CLOY", Gwak Moon-wan ingin satukan Korsel dan Korut

Baca juga: Sukses sebarkan Hallyu, Hyun Bin raih penghargaan dari Presiden Korsel

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020