Penghargaan pilar sosial ini dimaksudkan untuk apresiasi dan motivasi atas kerja keras dan kerelaan dalam membantu penanganan dampak COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan tanpa bantuan pilar-pilar sosial di berbagai daerah maka Kementerian Sosial akan tumpul bekerja, terutama dalam menangani kesejahteraan sosial.

"Tidak akan ada Kementerian Sosial tanpa adanya pilar-pilar sosial," kata dia pada malam penganugerahan Padmamitra Award 2020 yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Bahkan, saking pentingnya keberadaan pilar sosial, hal itu berdampak langsung pada karyawan maupun petugas Kemensos yang tersebar di 73 ribu desa serta 514 kabupaten maupun kota di Tanah Air.

Pada malam penganugerahan Padmamitra Award 2020, Kemensos menyerahkan penghargaan kepada pilar-pilar sosial sebagai bentuk apresiasi kepada relawan perorangan dan kelembagaan sosial yang terdiri atas unsur pekerja sosial masyarakat, tenaga kesejahteraan kecamatan, karang taruna maupun lembaga atau organisasi sosial yang berperan aktif dalam penanganan COVID-19.

Secara umum, kegiatan tersebut bertujuan memberikan apresiasi kepada badan usaha yang melaksanakan kegiatan dan tanggung jawab badan usaha dalam membantu peningkatan kesejahteraan sosial serta mewujudkan sinergi antara pemerintah, badan usaha dan masyarakat dalam berbagai model tanggung jawab sosial.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos Edi Suharto mengatakan tema Padmamitra Award 2020 ialah "Memperkuat kepedulian dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat".

Terdapat empat kategori yang diberikan penghargaan yakni kemiskinan, disabilitas, kebencanaan dan keterpencilan yang masing-masingnya fokus pada kesejahteraan sosial masyarakat.

"Penghargaan pilar sosial ini dimaksudkan untuk apresiasi dan motivasi atas kerja keras dan kerelaan dalam membantu penanganan dampak COVID-19," katanya.

Baca juga: Kemensos anugerahkan Padmamitra Award bagi perusahaan peduli sosial
Baca juga: Kampanye menabung dengan sampah, BNI Raih Padmamitra+ Award 2019
Baca juga: Kemensos ajak dunia usaha ramaikan Padmamitra Award

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020