Brazil kalahkan sepuluh pemain Uruguay 2-0

id Kualifikasi Piala Dunia 2022,timnas brazil, timnas uruguay

Brazil kalahkan sepuluh pemain Uruguay 2-0

Pemain Brasil Richarlison (kiri) mencoba melepaskan pengawalan bek Uruguay Martin Cacares dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Estadio Centenario, Montevideo, Uruguay pada 18 November 2020.(REUTERS/POOL)

Jakarta (ANTARA) - Brazil berhasil mengalahkan Uruguay 2-0 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 berkat gol Arthur Melo dan Richarlison.

Penyerang Uruguay, Edinson Cavani juga diganjar kartu merah dalam pertandingan tersebut.

Laga tersebut digelar di Estadio Centenario, Uruguay pada Rabu (18/11) pagi WIB.

Baca juga: Ekuador pesta setengah lusin gol ke gawang Kolombia

Uruguay memulai pertandingan dengan peluang cepat saat Darwin Nunez menusuk ke kotak penalti Brazil lewat sisi kiri lapangan.

Ia melakukan beberapa gerakan sebelum melepaskan tembakan keras, tetapi bola masih mengenai mistar gawang.

Setelah itu, Brazil sukses menguasai pertandingan dengan tim tuan rumah dibuat kesusahan untuk menyerang dan harus bermain lebih bertahan.

Usaha Brazil baru berbuah hasil pada menit ke-34, yang berawal saat Gabriel Jesus memberikan bola kepada Arthur Melo dan gelandang Juventus itu kemudian melepaskan tendangan dari luar kotak hingga merobek gawang Martin Campana. Kedudukan menjadi 1-0 untuk tim Samba.

Brazil mampu menambah kedudukan di menit ke-45 saat bola umpan silang dari Renan Lodi diteruskan dengan sundulan oleh Richarlison.

Gol tersebut membuat Brazil mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Uruguay memberikan ancaman di awal-awal babak kedua. Bek tengah Jose Gimenez naik membantu serangan saat tendangan bebas.

Bola mengarah kepadanya, tetapi ia sedikit terlambat dalam menyambar bola.

Baca juga: Ekuador curi kemenangan 3-2 di markas Bolivia

Tim tuan rumah tidak mampu mencatakan tembakan setelah pertandingan berjalan satu jam.

Pelatih Uruguay, Oscar Tabarez juga sulit melakukan pergantian karena ketersediaan pemain yang terbatas.

Uruguay semakin sulit untuk mengejar ketertinggalan ketika mereka harus bermain dengan 10 orang.

Penyerang Manchester United Edinson Cavani diganjar kartu merah setelah melakukan tekel berbahaya kepada Richarlison di menit ke-71. Wasit membuat keputusan ini setelah melihat VAR.

Meski unggul jumlah pemain, Brazil tidak menambahkan keunggulan mereka. Tim tamu malah sempat kebobolan di menit ke-76 setelah terjadi kemelut dari sepak pojok. Namun, wasit menganulir gol setelah Martin Caceres lebih dulu berada dalam posisi offside.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Brazil berhasil pulang dengan kemenangan 2-0.

Kemenangan ini membuat Brazil untuk sementara memimpin klasemen dengan 12 poin usai menyapu bersih empat laga awal. Uruguay di posisi kelima dengan enam poin.

Baca juga: Hattrick Neymar membuat Brazil kandaskan Peru 4-2

Susunan Pemain:

Uruguay (4-4-2): Martin Campana; Martin Caceres, Jose Gimenez, Diego Godin, Agustin Oliveros, Nahitan Nandez, Lucas Torreira (Mauro Arrambari 60'), Rodrigo Bentancur (Brian Rodriguez 60'), Nicolas De la Cruz (Jonathan Rodriguez 70'), Edinson Cavani, Darwin Nunez.

Brazil (4-3-3): Ederson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Renan Lodi, Arthur, Douglas Luiz (Bruno Guimaraes 90+2'), Everton Ribiero (Lucas Paqueta 90+2'), Gabriel Jesus, Roberto Firmino, Richarlison (Everton 70').

Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar