Jakarta (ANTARA) - Sineas Quentin Tarantino mengonfirmasi bahwa dirinya telah menandatangani kontrak dengan HarperCollins untuk menerbitkan dua buku, salah satunya adalah "Once Upon A Time In Hollywood", yang diadaptasi dari karya filmnya berjudul sama.

Dilansir Deadline, Rabu, perilisan novel cetak ini akan bersamaan dengan edisi e-book dan audio digital di musim panas 2021. Sementara, edisi spesial hardcover akan menyusul di musim gugur.

Selain itu, karya kedua Tarantino dengan Harper adalah karya nonfiksi berjudul "Cinema Speculation". Tarantino selama bertahun-tahun telah mengisyaratkan bahwa dia mungkin mengambil poros karier untuk menulis tentang perfilman sebagai karier berikutnya, ketika dia pensiun setelah menyutradarai film kesepuluh.

Buku ini dijelaskan oleh penerbitnya sebagai "pengalaman mendalam tentang film-film tahun 1970-an, campuran yang kaya dari esai, ulasan, hingga tulisan pribadi, dan penggemarnya yang paling setia."

Baca juga: "Once Upon a Time in Hollywood" akan dirilis ulang

Baca juga: Sutradara "Once Upon a Time in Hollywood" tolak edit film untuk China


Sementara itu, novel "Once Upon A Time In Hollywood" akan memetakan kehidupan dua protagonis Tarantino - aktor TV Rick Dalton (Leonardo DiCaprio) dan pemeran penggantinya Cliff Booth (Brad Pitt).

Dalam skrip film, Tarantino mendalami mitologi segala sesuatu mulai dari Los Angeles di musim panas sebelum pembunuhan Keluarga Manson, hingga acara televisi ala Western yang menjadi asal karakter Rick Dalton.

"Pada tahun tujuh puluhan, novelisasi film adalah buku dewasa pertama yang saya baca. Dan sampai hari ini saya sangat menyukai genre ini," kata Tarantino.

"Jadi sebagai penggemar novelisasi film, dengan bangga saya umumkan 'Once Upon A Time In Hollywood' menjadi kontribusi saya pada subgenre yang sering terpinggirkan namun disukai dalam sastra ini," ujarnya menambahkan.

Tarantino juga mengatakan dirinya merasa senang untuk mengeksplorasi lebih jauh karakter dan dunianya dalam upaya sastra yang ia harap dapat duduk berdampingan dengan rekan sinematiknya.

Film "Once Upon a Time in Hollywood" dinominasikan untuk lima Golden Globes, (memenangkan Film Terbaik, Musikal atau Komedi, Aktor Pendukung Terbaik dan Skenario Terbaik), 10 piala BAFTA, dan 10 nominasi Academy Award 2020 termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Skenario Asli Terbaik.

Baca juga: Demi keluarga, Quentin Tarantino kurangi karir sutradara

Baca juga: "The Irishman" jadi film terbaik di Capri, Hollywood Festival 2020

Baca juga: Quentin Tarantino bimbang sutradarai "Star Trek" terbaru

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020