Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Albania merebut tiket promosi ke Divisi B UEFA Nations League seusai membekuk Belarusia 3-2 dalam laga pemungkas Divisi C Grup 4 (C4) di Stadion Air Albania, Tirana, Rabu.

Kemenangan itu membuat Albania mengambil alih posisi puncak klasemen akhir Grup C4 dengan koleksi 11 poin, menyalip Belarusia (10) yang finis di posisi kedua, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Belarusia dan Albania berebut tiket promosi hingga laga pemungkas

Sokol Cikalleshi membawa Albania memimpin pada menit ke-19 dengan gol sundulannya menyambut umpan silang kiriman Hysen Memolla.

Lantas delapan menit kemudian Cikalleshi menggandakan keunggulan tuan rumah lewat eksekusi penalti setelah Egor Khatkevich dilanggar oleh Rey Manaj di dalam area terlarang.

Maksim Skavysh sempat memperkecil ketertinggalan Belarusia pada menit ke-35, tetapi semenit jelang turun minum Manaj merestorasi keunggulan dua gol Albania.

Belarusia kembali membalas pada menit ke-80 melalui Max Ebong, tetapi Albania sukses meredam momentum kebangkitan tim tamu untuk memastikan kemenangan 3-2 di pengujung laga.


Lithuania lolos dari degradasi

Dalam pertandingan Grup C4 lainnya, di Stadion Almaty Ortalyk, Lithuania sukses meloloskan diri dari ancaman degradasi seusai menang dramatis 2-1 atas tuan rumah Kazakhstan.

Abat Aymbetov sempat membawa Kazakhstan memimpin pada menit ke-38, tetapi dua menit kemudian Modestas Vorobjovas membuat kedudukan kembali imbang.

Baca juga: Tiga pemain Serbia dinyatakan positif COVID-19
Baca juga: Swedia terdegradasi dari Divisi A setelah ditaklukkan Prancis 2-4

Kazakhstan mendapat kerugian ketika Islambek Kuat diganjar kartu kuning kedua pada menit ke-50 sehingga mereka harus menuntaskan laga dengan 10 pemain.

Pada menit keempat injury time Arvydas Novikovas melepaskan tembakan jarak jauh yang memastikan kemenangan Lithuania 2-1 atas Kazakhstan.

Hasil itu membuat Lithuania bertahan di peringkat ketiga klasemen dengan koleksi delapan poin, mengirimkan Kazakhstan (4) mengikuti fase playoff degradasi dengan tim-tim juru kunci Divisi C lainnya.

Baca juga: Montenegro amankan tiket promosi setelah tundukkan Siprus 4-0
Baca juga: Gibraltar dan Kep. Faroe raih tiket promosi ke Divisi C Nations League
Baca juga: Spanyol cukur Jerman 6-0 untuk melangkah ke empat besar Nations League

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020