Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meminta agar seluruh venue Pekan Olahraga Nasional (PON) dapat dibangun sesuai dengan standar internasional dari masing-masing federasi cabang olahraga internasional.

Dalam penyerahan SK penetapan tuan rumah PON 2024 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis, Zainudin mengatakan seluruh fasilitas untuk PON harus betul-betul disiapkan untuk jangka panjang, termasuk ketika ada kejuaraan regional hingga internasional.

“Fasilitas yang disiapkan harus jangka panjang, siap untuk kejuaraan regional dan internasional karena sekarang tuntutannya semua harus standar internasional,” ucap Zainudin.

Baca juga: Menpora serahkan SK penetapan Aceh-Sumut sebagai tuan rumah PON 2024

Ia bercerita pengalamannya menjadi Ketua Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC), misalnya, dengan menyadari bahwa masih banyak venue yang ternyata belum sesuai dengan standar FIFA.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) sekalipun, yang menurutnya sudah bagus dan megah, masih perlu dipoles lagi agar bisa digunakan sebagai lapangan pertandingan Piala Dunia U-20 2021 pada Mei-Juni tahun depan.

Berkaca dari pengalamannya itu, Zainudin meminta kepada Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah bersama PON 2024 untuk menunjuk konsultan perencana serta pengawas yang paham tentang aturan pembangunan sarana dan prasarana bertaraf internasional.

“Mumpung masih awal belum dibangun, tolong bangun sesuai standar internasional. Konsultasi ke KONI dan KOI karena banyak venue kita yang tidak sesuai standar internasional,”

Baca juga: Menpora: Grand Design Keolaharagaan penting untuk prestasi olahraga

“Bisa jadi yang membangunnya tidak paham tentang itu. Sehingga nanti yang diberi tugas harus paham, konsultan juga harus yang mengerti soal bangunan internasional,” kata Politisi Partai Golkar itu menambahkan.

Apabila seluruh venue maupun fasilitas olahraga telah sesuai standar internasional, dengan demikian Indonesia bisa menyelenggarakan ajang besar lainnya, termasuk berbagai event kejuaraan dunia.

Tak hanya itu, dengan sejumlah venue berstandar internasional yang dimiliki, dengan begitu Indonesia siap menyelenggarakan Olimpiade 2032 seandainya terpilih menjadi tuan rumah pesta olahraga terakbar sejagad itu.

Baca juga: Menpora minta cabor ubah pola pikir instan pembinaan olahraga
Baca juga: Menpora minta stadion di Bali bisa digunakan untuk Sport Tourism


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020