Wali Kota targetkan Banda Aceh jadi kota sehat di Indonesia

id Banda Aceh,Kesehatan,Kebersihan,Lingkungan,Desa sehat,Penghargaan

Wali Kota targetkan Banda Aceh jadi kota sehat di Indonesia

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman saat menandatangani pendeklerasian desa sehat gemilang, Kamis (19/11/2020). ANTARA/Rahmat Fajri

Banda Aceh (ANTARA) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menargetkan ibu kota Provinsi Aceh itu menjadi kota sehat dari seluruh daerah lain di Indonesia.

"Iya harus menjadi kota sehat di Indonesia, karena itu seluruh desa di Banda Aceh kita minta selalu menerapkan pola hidup sehat," kata Aminullah Usman, di Banda Aceh, Kamis.

Sebelumnya, Banda Aceh sudah pernah meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba kategori Padapa dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Aceh Miliki 336 Desa Siaga Sehat Jiwa

Predikat itu tentang kota sehat pemantapan tatanan pertama dengan objek penilaian kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, serta delapan objek penilaian kehidupan masyarakat sehat mandiri.

Sebagai langkah motivasi penerapan hidup sehat, kata Aminullah, Pemerintah Kota Banda Aceh telah memilih dan mendeklarasikan gampong (desa) Ateuk Munjeng Kecamatan Baiturrahman setempat sebagai desa sehat gemilang.

"Semoga bisa menjadi contoh bagi gampong lain, sehingga seluruh gampong di Banda Aceh menerapkan pola hidup sehat," ujarnya.

Baca juga: Menteri PDT resmikan desa sehat Entikong

Aminullah menyampaikan, terpenuhinya pelayanan kesehatan itu jika ada masyarakat membiasakan budaya hidup sehat dengan menjaga kebersihan apapun itu, baik lingkungan, rumah, hingga tempat ibadah.

Karena itu, Aminullah meminta Dinas Kesehatan Banda Aceh untuk mengedukasi masyarakat bagaimana menerapkan pola hidup sehat, sehingga Banda Aceh benar-benar bersih.

"Harus ada sosialisasi bagaimana pola hidup sehat, karena masyarakat banyak yang ingin melakukannya, tetapi tidak tahu caranya, maka perlu diberikan edukasi," kata mantan Direktur Bank Aceh itu.

Baca juga: Meniru pola hidup sehat ala Desa Goreng Meni
 

Pewarta : Rahmat Fajri
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar