Jakarta (ANTARA) - Kopi adalah elemen yang tak terpisahkan dari kehidupan aktor Chicco Jerikho, pemeran Ben dalam film "Filosofi Kopi" yang kini membuka kedai di Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Makassar.

Menurut Chicco, kopi bukan sekadar minuman yang menemani hari-harinya, tapi mewakili juga semangat bekerjasama yang penting dilakukan di tengah pandemi COVID-19.

"Kopi bisa dinikmati siapa saja, begitu juga dengan spirit kolaborasi," kata Chicco dalam konferensi pers tur virtual Kedai Filosofi Kopi Makassar, Kamis.

Menurut Chicco, perlu semangat kolaborasi dengan banyak pihak dari disiplin berbeda untuk menggerakkan industri kopi yang juga ia geluti. Dia mencontohkan, Filosofi Kopi berkolaborasi dengan berbagai petani kopi dan penyangrai kopi.

"Karena zaman sekarang yang tidak pasti, bagaimana kita bisa bertahan, yaitu dengan membuka peluang yang ada di depan," katanya.

Kopi bersifat universal, ujar Chicco, adalah minuman yang sifatnya universal dan bisa dinikmati siapa aja.

"Bisa jadi sahabat, bisa jadi apa pun, jangan jadikan kopi sebagai benda ekslusif."

Chicco Jerikho akan membintangi film "Ben dan Jody" yang akan tayang pada 2021. Ini adalah film ketiga dari "Filosofi Kopi" yang awalnya diadaptasi dari cerita pendek Dee Lestari.


Baca juga: Sedikit bocoran "Ben dan Jody", film ketiga "Filosofi Kopi"

Baca juga: Filosofi Kopi buka kedai baru di Makassar

Baca juga: Kopi Kuale, filosofi segelas kopi untuk kelestarian mangrove

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020