Georgia selesai hitung suara manual, kukuhkan kemenangan Biden

id Georgia,Joe Biden ,Donald Trump,pemilihan Amerika Serikat,pilpres AS

Georgia selesai hitung suara manual, kukuhkan kemenangan Biden

Para warga memberikan suara selama pemungutan suara awal pada pemilihan presiden Amerika Serikat di The Atlanta Hawks' State Farm Arena di Atlanta, Georgia, AS, (12/10/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS / Chris Aluka Berry/aww.)

Washington (ANTARA) - Sekretaris Negara Bagian Georgia Brad Raffensperger, Kamis (19/11) mengatakan penghitungan surat suara secara manual telah selesai, yang hasilnya mengukuhkan Joe Biden sebagai pemenang pemilihan presiden 3 November di negara bagian itu.

Georgia sebelumnya meluncurkan audit setelah hasil tidak resmi menunjukkan bahwa Biden memimpin atas Presiden Donald Trump dengan perbedaan sekitar 14.000 suara.

"Audit itu sudah memastikan bahwa hitungan mesin asli secara akurat menggambarkan pemenang pemilihan," kata kantor sekretaris negara bagian melalui pernyataan pada Kamis malam.

Raffensperger dijadwalkan pada Jumat akan mengesahkan secara resmi kemenangan Biden tersebut.

Trump masih dapat meminta penghitungan ulang di Georgia, setelah hasilnya disertifikasi, karena margin kemenangan kurang dari 0,5 persen.

Sang presiden petahana itu selama ini mengeklaim, tanpa bukti, bahwa ada penyimpangan dan penipuan yang meluas di negara-negara bagian tempat ia kalah dari Biden, termasuk di Georgia.

Sumber: Reuters

Baca juga: Georgia hitung ulang surat suara Pilpres AS dengan tangan

Baca juga: Salip Trump, Biden memimpin sementara di Georgia

Pewarta : Tia Mutiasari
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar