Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan kasus baru COVID-19 di Babel bertambah 23 pasien, sehingga total menjadi 855 orang.

"Hari ini 23 orang warga di lima kabupaten/kota dinyatakan positif terpapar COVID-19 dan telah diisolasi wisma," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan berdasarkan data Kamis (19/11) malam sebanyak 23 orang terkonfirmasi COVID-19 yang tersebar di kabupaten/kota dengan rincian di Kabupaten Belitung sembilan, Pangkalpinang tujuh orang, Bangka Tengah tiga, Bangka Barat dua dan di Kabupaten Bangka satu.

Sementara warga dua kabupaten lainnya yaitu Bangka Selatan dan Belitung Timur tidak ada kasus baru COVID-19.

Baca juga: Sebanyak 720 warga Babel sembuh dari COVID-19

Baca juga: KONI Babel terima 330 paket vitamin dari Kemenpora


"Penambahan kasus baru COVID-19 ini meningkat dibandingkan hari sebelumnya sebanyak 12 kasus dengan jumlah kumulatif 832 orang," ujarnya.

Menurut dia, berdasarkan data jumlah kumulatif masyarakat sembuh dari COVID-19 sebanyak 720 orang dan meninggal 11 orang atau bertambah satu pasien dibandingkan hari sebelumnya sebanyak 10 orang pasien.

"Peningkatan orang yang terinfeksi atau terpapar COVID-19 terutama dalam tiga bulan terakhir terjadi pada kluster perkantoran, keluarga dan kluster fasilitas pelayanan kesehatan dan kluster perumahan," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun dan menerapkan pola hidup sehat.

"Kami berharap masyarakat untuk disiplin menerapkan prokes terutama di tempat umum, pusat keramaian, dan fasilitas publik, seperti kantor, rumah ibadah, lembaga pendidikan, obyek wisata, pasar, mal atau supermarket serta mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari virus berbahaya ini," katanya.*

Baca juga: Pemprov Babel maknai Hari Pahlawan sebagai perjuangan lawan COVID-19

Baca juga: Semua pasien positif corona di Bangka Selatan sembuh

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020