Palembang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin akan menjadi pembicara pada seminar internasional bahasa dan sastra di Palembang, 1-2 Juni 2010, kata Asisten III Bidang Kesra Pemerintah Provinsi setempat, Aidit Aziz, di Palembang, Sabtu.

Gubernur menjadi pembicara, sesuai permintaan panitia pelaksana dari Balai Bahasa Provinsi Sumsel saat mereka menghadap beberapa waktu lalu, tambah Aidit Aziz.

Menurutnya, seminar yang akan diikuti peserta dari berbagai unsur perguruan tinggi, masyarakat dan pendidik itu dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menggunakan bahasa dan sastra.

"Oleh karena itu peran serta gubernur sangat diharapkan pada seminar bahasa dan sastra bertaraf internasional yang pertama dilaksanakan di Palembang itu," katanya.

Selain gubernur, lanjutnya, yang juga akan berbicara adalah Dr Sugiyono dari Pusat Bahasa, Prof Dr Zainon Ismail dari perguruan tinggi Malaysia, Dr Azhari (Singapura) dan Prof Dr Hasyim (Brunei Darussalam).

Seminar itu diharapkan berlangsung sukses sehingga hasilnya akan bermanfaat bagi kepentingan pendidikan tinggi, masyarakat termasuk tenaga pengajar, katanya lagi.

Dian Susilastri dari panitia pelaksana seminar, mengatakan seminar itu bertujuan menggali identitas yang tercermin dalam bahasa, sastra dan budaya, serta meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra dalam dunia pendidikan menghadapi era globalisasi.

Materi yang akan dibahas antara lain bahasa sebagai media transformasi sosial budaya, identitas kelokalan dalam sastra dan pengembangan sastra lokal.

U005/M033/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010