Satgas COVID-19 telah menyebarkan tes usap antigen sebanyak 2.500 unit kepada puskesmas yang berada di kawasan berpotensi terjadi peningkatan kasus COVID-19, seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat
Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas COVID-19 mengimbau masyarakat di sekitar Tebet Jakarta Selatan, Petamburan Jakarta Pusat, dan Megamendung Bogor Jawa Barat, melaksanakan tes usap karena muncul sejumlah kasus COVID-19 di kawasan tersebut.

"Menyusul sejumlah kasus positif di wilayah tersebut," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas COVID-19, Doni Monardo melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tutup tujuh hari imbas COVID-19

Doni meminta warga pada tiga kawasan itu segera mendaftarkan diri maupun menginformasikan kepada pengurus rukun tetangga atau rukun tetangga agar segera menjalani tes "Polymerase Chain Reaction/PCR".

Diungkapkan Doni, Satgas COVID-19 telah menyebarkan tes usap antigen sebanyak 2.500 unit kepada puskesmas yang berada di kawasan berpotensi terjadi peningkatan kasus COVID-19, seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Baca juga: Rekan: Kebijakan Pemprov DKI sudah sesuai dengan pemerintah pusat

"RT dan RW di Tebet, Petamburan, dan Megamendung dapat berkoordinasi dengan puskesmas setempat agar masyarakatnya segera mendapatkan tes PCR  gratis," ujar Doni.

Doni menjelaskan tes PCR itu juga disarankan bagi masyarakat yang turut dalam penjemputan Rizieq Shihab di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada beberapa waktu lalu, guna melindungi diri dan keluarga, serta upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Jakarta bertambah 1.185

Jika pemeriksaan menunjukkan hasil positif COVID-19, maka Doni menambahkan masyarakat dapat melakukan isolasi di tempat yang telah disediakan pemerintah, yaitu di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pemeriksaan sementara, saat ini sebanyak tujuh kasus positif COVID-19 dari 15 orang yang tes usap di Petamburan, 20 kasus positif dari 559 orang jalan tes usap, dan 50 kasus positif di Tebet.
#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020