Depok (ANTARA News) - Laboratorium Leksikologi dan Leksikografi, Departemen Linguistik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan Seminar Internasional Hari Lahir Bahasa Indonesia dengan tema "Periodisasi dalam Sejarah Bahasa Indonesia". .

Seminar tersebut diadakan dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional, kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Minggu.

Ia mengatakan seminar tersebut diadakan pada Senin (3/5) Mei 2010, di Auditorium Gedung IX FIB UI, pukul 8.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Vishnu mengatakan salah satu tujuan dari seminar ini adalah untuk mencapai kesepakatan tentang pembedaan periodisasi struktural dan periodisasi sosial dalam penggunaan Bahasa Indonesia.

Dikatakannya akan tampil sebagai pembicara utama adalah Prof.Dr. Kyoko Funada, dari Waseda University, yang membahas tentang "Periode Bahasa Indonesia di Zaman Jepang".

Menurut dia, periode tersebut tampaknya baru diketahui secara terbatas dalam dunia akademis Indonesia. Selain itu, Prof. Dr. Harimurti Kridalaksana, Guru Besar FIB UI, akan mengupas aspek teoritis prasejarah dan sejarah Bahasa Indonesia.

Dalam seminar ini tampil pula pakar-pakar sejarah Bahasa Indonesia yang lain seperti: Prof. Stefanus Djawanai, M.A. dari UGM dan Rusli Abdul Gani, M.A. dari Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia.(F006/A024)







(T.F006/B/S006/S006) 02-05-2010 11:47:48

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010