Pengoperasian rute baru ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia dalam mendukung aksesibilitas destinasi pariwisata dan peningkatan potensi perekonomian nasional, termasuk Kota Tarakan melalui konektivitas layanan penerbangan
Jakarta (ANTARA) - Maskapai nasional Garuda Indonesia, mulai Sabtu ini melayani rute penerbangan Balikpapan--Tarakan dengan frekuensi tiga kali seminggu, yakni setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu menggunakan pesawat Bombardier CRJ-1000.

"Pengoperasian rute baru ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia dalam mendukung aksesibilitas destinasi pariwisata dan peningkatan potensi perekonomian nasional, termasuk Kota Tarakan melalui konektivitas layanan penerbangan langsung dari sejumlah kota besar di Indonesia seperti Balikpapan," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Irfan mengungkapkan bahwa  rute penerbangan baru ini diharapkan dapat mendukung perusahaan senantiasa memberikan kemudahan dan ragam pilihan bagi pengguna jasa yang akan melaksanakan perjalanan ke berbagai potensi destinasi pariwisata nasional maupun kawasan ekonomi baru.

Baca juga: Garuda Indonesia mulai menerbangkan rute baru melalui Solo

Dalam hal ini Kota Tarakan turut dikenal sebagai sentra industri kecil dan menengah perajin mebel dan perahu di Kalimantan Utara.

Dalam upaya pengembangan jaringan penerbangan, tentunya BUMN industri penerbangan tersebut selalu mengimplementasikan protokol kesehatan secara konsisten dan maksimal pada seluruh lini operasional.

"Di sisi lain, penguatan sinergitas dengan seluruh stakeholder penerbangan untuk menghadirkan penerbangan yang aman dan nyaman, kiranya turut dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk terus terbang bersama Garuda Indonesia," kata Irfan.

Baca juga: Garuda dinobatkan maskapai penerbangan dengan prokes terbaik dunia

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara Suriansyah menyampaikan apresiasinya terhadap Garuda Indonesia yang telah membuka layanan penerbangan menuju Tarakan.

Dibukanya penerbangan langsung Garuda Indonesia menuju wilayah Kalimantan Utara khususnya Kota Tarakan dinilai memudahkan pelayanan transportasi udara bagi masyarakat Kalimantan Utara, serta sektor investasi di Provinsi Kalimantan Utara dapat terus berkembang dan berdaya saing.

"Hal ini tentunya sejalan dengan komitmen dan visi kami dalam memajukan perekonomian Kalimantan Utara melalui penyediaan aksesibilitas penerbangan yang terhubung dengan sejumlah kawasan pusat perekonomian di Indonesia," kata Suriansyah.

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020