Jakarta (ANTARA) - Memotret saat malam hari seringkali menimbulkan tantangan, apalagi jika menggunakan ponsel.

Situasi yang minim cahaya membuat hasil foto memiliki banyak "noise" atau bintik-bintik atau yang sering terjadi, kabur (blur) dan tidak fokus.

OPPO Indonesia memberikan tips untuk memaksimalkan ponsel saat digunakan berfoto pada malam hari, dikutip dari siaran pers, Minggu.

Baca juga: Tips memotret "sunset" pakai smartphone ala Dion Wiyoko

1. AI
Ponsel masa kini dibekali dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk menambah kemampuan kamera, mendukung fotografi saat digunakan memotret di kondisi minim cahaya. Gunakan fitur untuk memotret saat malam hari agar hasil foto maksimal.

2. Tripod
Saat digunakan memotret pada malam hari, atau ketika mengaktifkan fitur night mode, shutter akan bekerja lebih lambat sehingga akan bergantung pada kestabilan memegang ponsel. Pasang ponsel di atas tripod agar stabil sehingga hasil foto tidak kabur atau blur.

3. Mode manual
Jika ponsel memiliki mode manual, pilih mode ini agar bisa menyesuaikan sejumlah pengaturan untuk berfoto pada malam hari, antara lain ISO, apertur, speed dan white balance.

4. Lampu tambahan
Ponsel pada umumnya sudah dibekali dengan lampu kilat atau flash untuk digunakan saat kondisi minim cahaya. Atur agar flash bisa menyala terus.

Selain lampu flash, pilihan lainnya adalah menggunakan cahaya tambahan seperti lampu LED portabel.

Baca juga: Tips memotret di malam hari ala Realme

Baca juga: Tips foto "instagrammable" ala Rio Motret

Baca juga: 8 Tips buat foto Instagram kece saat berwisata

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020