Kemarin, Indonesia sahibulbait G20 2022 hingga pemulangan jenazah PMI

id G20,KTT G20,Berita kemarin,Politik kemarin,Pemulangan jenazah PMI

Kemarin, Indonesia sahibulbait G20 2022 hingga pemulangan jenazah PMI

Tangkapan layar penutupan KTT G20 tahun 2020 yang disiarkan dari Riyadh, Arab Saudi pada Minggu (22/11/2020) malam waktu Jakarta. (ANTARA/Aria Cindyara)

Jakarta (ANTARA) - Ragam berita di kanal politik Antaranews.com pada Minggu (22/11) menarik dibaca kembali untuk mengawali informasi anda pada pekan ini, di antaranya:

1. Menlu: Indonesia jadi tuan rumah KTT G20 tahun 2022

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan Indonesia akan memegang Presidensi (menjadi tuan rumah) KTT G20 pada tahun 2022.

"Dapat saya sampaikan bahwa Indonesia akan memegang Presidensi G20 pada tahun 2022," ujar Menlu dalam konferensi pers virtual seusai mendampingi Presiden mengikuti rangkaian KTT G20 hari kedua, melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu malam.

Baca selengkapnya

2. TNI bantu tertibkan baliho, Wakil Ketua MPR: Sesuai aturan

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Lestari Moerdijat menilai langkah TNI dalam membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penertiban spanduk dan baliho yang melanggar adalah sesuai aturan.

"Negara memang harus hadir mengatasi permasalahan yang dihadapi warganya. Sebaliknya, warga negara juga punya kewajiban untuk mematuhi peraturan yang ada," ujar Lestari dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

3. Legislator: TNI bantu tertibkan baliho hal wajar

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bobby Adhityo Rizaldi menilai langkah TNI yang ikut membantu Pemerintah Provinsi DKI melakukan penertiban spanduk dan baliho yang melanggar aturan adalah hal yang wajar.

"Ini kan sinergi TNI untuk penanganan ketertiban umum biasa. Tidak menyalahi fungsi TNI ini," kata Bobby, dalam pernyataannya, di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

4. Anggota DPR: Instruksi Mendagri ingatkan kepala daerah tegakkan prokes

Anggota Komisi II DPR RI Zulfikar Arse Sadikin menyebut Instruksi Mendagri Tito Karnavian yang memuat sanksi pemberhentian bagi kepala daerah ditujukan untuk mengingatkan kepala daerah agar tidak lengah dalam menegakkan protokol kesehatan COVID-19.

"Ini upaya pemerintah pusat untuk mengingatkan dan mengajak kepala daerah tidak lengah sedikit pun dalam menegakkan protokol kesehatan termasuk mencegah kerumunan massa yang berpotensi penularan demi melindungi kesehatan warga dan menjaga keselamatan rakyat," kata Zulfikar dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

5. KJRI Kuching bantu pulangkan dua jenazah WNI

Kepala Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching Yonny Tri Prayitno mengatakan pihaknya membantu proses pemulangan dua jenazah Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural di Sarawak Malaysia.

Yonny, saat dihubungi wartawan di Kuching pada Minggu (22/11), mengatakan kedua jenazah tersebut masing-masing adalah Amiruddin (39), PMI non prosedural, asal Desa Jatikoreh, Kecamatan Songgom, Brebes, Jawa Tengah (sesuai data KTP almarhum), kemudian Hermansyah (57), PMI non prosedural, asal Pontianak, Kalbar (sesuai data Paspor).

"Kami memastikan untuk membantu proses pemulangan kedua jenazah PMI meninggal dunia di Lundu, Sarawak pada Sabtu (21/11)," kata Yonny Tri Prayitno.

Baca selengkapnya

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar