Kita berharap saat pandemi berakhir wisatawan akan kembali datang
Padang (ANTARA) - Destinasi unik nan fotogenik yang membentang di perbatasan Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi, Sumatera Barat yaitu Janjang saribu (tangga seribu) masuk dalam nominasi Destinasi Unik Terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.
                              
"Banyak spot foto yang menarik di sepanjang jenjang yang membentang naik-turun dari Koto Gadang, Agam melintasi Ngarai Sianok hingga ke Bukittinggi ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial di Padang, Senin.

Janjang saribu atau Janjang Koto Gadang memiliki panjang keseluruhan sekitar 780 meter, lebar jalan dua meter. Konstruksinya dibuat menyerupai Tembok Besar Tiongkok.

Di pertengahan jenjang yang terbentang tersebut terdapat sebuah jembatan gantung yang sering disebut Jembatan Merah. Jembatan itu menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto.

Dari ujung ke ujung perjalanan melintasi jenjang itu kira-kira memakan waktu 20 menit.

Novrial menyebut pada zaman penjajahan Belanda sudah ada perlintasan di lokasi Janjang Saribu tersebut. Namun waktu itu namanya adalah Janjang Batuang karena terbuat dari tanah dan ditopang oleh bambu atau batuang menurut bahasa daerah setempat.

Baca juga: Kampung Sarugo bersaing dalam Anugerah Pesona Indonesia 2020

Baca juga: Sumbar bentuk 30 objek wisata adaptif COVID-19


Saat itu penduduk menggunakannya sebagai jalan pintas dari Koto Gadang menuju Bukiktinggi atau bila hendak mengambil pasir di sungai.

Sementara itu Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar, Hendri Agung Indrianto menyebut masuknya Janjang Saribu dalam nominasi Destinasi Unik Terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 penting artinya untuk mempromosikan destinasi tersebut pada wisatawan nusantara.

"Kita berharap saat pandemi berakhir wisatawan akan kembali datang, salah satunya ke destinasi ini," katanya.

Ia mengatakan Anugerah Pesona Indonesia 2020 dilakukan dengan cara voting atau pemungutan suara yang dimulai pada 1 Agustus hingga 31 Desember 2020.

Pemungutan suara dilakukan dengan lima cara yaitu melalui SMS Premium dengan mengetik keyword dan mengirim ke 99386, Video Pariwisata di Youtube Channel APIaward dengan cara subscribe dan like, selanjutnya dengan mengikuti akun Instagram @apiaward dan men-like gambar nominasi.

Dan terakhir dengan cara aplikasi Android dan bisa juga dengan cara web vote: anugerahpesonaindonesia.com

Ada 18 kategori yang dilombakan dalam API 2020 masing-masing Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, Promosi Pariwisata Digital, Brand Pariwisata, Destinasi Belanja. Cendera Mata, Olahraga dan Petualangan, Wisata Air, Ekowisata.

Kemudian Dataran Tinggi, Atraksi Budaya, Situs Sejarah, Kampung Adat, Festival Pariwisata, Destinasi Kreatif, Destinasi Unik, Destinasi Baru dan Surga Tersembunyi.

Baca juga: Sumbar bangkitkan minat pariwisata khusus stasiun kereta batubara

Baca juga: Sumbar susun trik agar wisatawan tinggal lebih lama


 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020