Jakarta (ANTARA) - Psikolog Perkembangan Anak dari Universitas Gadjah Mada Dr Aisah Indati M.S mengatakan masa kanak-kanak merupakan masa bermain yang mana pada masa itu merupakan masa keemasan.

“Pada masa keemasan ini dibutuhkan beberapa stimulasi dari lingkungan sekitar supaya anak mengalami perkembangan yang optimal,” ujar Aishah dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Perkembangan yang optimal akan tercapai apabila anak memperoleh stimulasi yang bervariatif, seperti stimulasi yang bersifat motorik, emosi, sosial, serta pengamatan.

Baca juga: Psikolog: Anak jenius perlu perlakuan khusus

Baca juga: Psikolog ingatkan orang tua tidak takuti anak tentang COVID-19


Dia menambahkan penting bagi orang tua memilih produk yang sesuai untuk digunakan bagi anak-anak usia prasekolah hingga anak-anak usia sekolah dasar. Produk tersebut dapat untuk menstimulasi perkembangan anak, dalam hal pengamatan, emosional dan sosial serta motorik halus.

Aisah menjelaskan pengamatan yang dimaksud, karena anak belajar mengamati beragam warna dan bentuk yang ada. Hal itu akan memacu inisiatif dan kreativitas anak. Dari sisi emosi dan sosial, yakni saat anak bereksplorasi dengan produk, salah satunya melalui proses mencampur berbagai macam warna, hal tersebut mengasah kepekaan emosi (yang melibatkan kreativitas dan inisiatif), serta interaksi sosial anak.

Sementara stimulasi motorik halus diperoleh saat anak bereksplorasi menggunakan media pewarna, kertas origami, akan melatih kepekaan motorik halus dalam diri anak.

Manajer Produk PT Faber Castell International Indonesia RIchard Panelewen mengatakan pihaknya menghadirkan Faber-Castell Creative Art Set Series yang merupakan jawaban bagi para orang tua untuk bereksplorasi bersama, karena produk ini dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan tidak hanya bagi anak, namun orang tua dan juga orang dewasa.

Baca juga: Psikolog: Belajar via daring berpotensi munculkan stres pada anak

Baca juga: Psikolog klinis: Bermain dorong tumbuh kembang anak


Produk itu terbagi menjadi enam yakni Stone Deco Art, Colour Your Own Tote Bag, Origami Fashion Design, 3D Art Frame, Make Your Own Kite, dan Air Jet Sport Car.

“Kami berharap melalui produk ini dapat menumbuhkan ikatan yang kuat dinantara anggota keluarga dan mengurangi stres,” harap Richard.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020