Wakil Ketua DPR puji kinerja BI Gorontalo kembangkan UMKM

id BI,bank indonesia,Gorontalo,rachmat gobel,budi widihartanto,UMKM,ekonomi

Wakil Ketua DPR puji kinerja BI Gorontalo kembangkan UMKM

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel memberikan sambutan pada kegiatan penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Senin (23/11/2020). ANTARA/Adiwinata Solihin

Gorontalo (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel memuji dan mengapresiasi kinerja Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo dalam memajukan serta mengembangkan UMKM di daerah itu.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kpw BI Gorontalo Budi Widiartanto yang telah secara konsisten dengan program BI, yang tidak hanya menjaga stabilitas keuangan, tetapi juga mendorong, membangun ketahanan dari UMKM," ujarnya di Gorontalo, Senin.

Menurut Rachmat, baik pelaku usaha, sektor jasa, pertanian dan kelautan memiliki satu kekuatan dan nilai yang besar untuk pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Deputi BI nilai pariwisata Gorontalo indah dan unik

Baca juga: BI Gorontalo tingkatkan kapasitas UMKM binaan di Jawa Barat


"Usaha kecil ini memiliki kekuatan yang luar biasa dan harus kita dorong, hampir semua kementerian termasuk Bank Indonesia mempunyai program UMKM," ujarnya.

Menurut dia, UMKM menjadi tulang punggung ekonomi, oleh karena itu harus dibangun dari tingkat desa, provinsi, nasional hingga intenasional.

"Kita punya kekayaan sumber daya alam, hasil bumi, laut, adat dan budaya yang luar biasa, dan ini kalau dikelola dengan baik akan menghasilkan produk yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat hingga tingkat dunia," bebernya.

Baca juga: BI Gorontalo latih petani implementasikan "digital farming"

Rachmat mengaku kagum dengan berbagai UMKM binaan BI Gorontalo, mulai dari produk makanan, kerajinan tangan dan kain sulam.

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar