komitmen Garuda Indonesia dalam menyediakan layanan penerbangan yang aman dan nyaman kepada seluruh penumpang
Jakarta (ANTARA) - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menyediakan lebih dari 150 titik layanan laboratorium dan rumah sakit (RS) rujukan resmi pemeriksaan PCR atau tes usap (swab test) COVID-19, guna memudahkan penumpang dalam pemenuhan dokumen penerbangan internasional.

Layanan laboratorium dan RS yang tersebar di lebih dari 40 kota di Indonesia itu merupakan jaringan dari 10 penyedia layanan tes usap yang mengacu pada rekomendasi Kementerian Kesehatan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan penyediaan rujukan resmi layanan pemeriksaan PCR/swab test ini merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia dalam menyediakan layanan penerbangan dengan implementasi protokol kesehatan secara konsisten di seluruh lini operasional.

"Ini bentuk komitmen Garuda Indonesia dalam menyediakan layanan penerbangan yang aman dan nyaman kepada seluruh penumpang, khususnya pada rute internasional dengan kemudahan pemenuhan dokumen perjalanan melalui layanan pemeriksaan PCR/ swab test yang terpercaya," kata Irfan melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Terhitung mulai 26 November 2020 mendatang, seluruh calon penumpang penerbangan rute internasional Garuda dapat melakukan pemeriksaan tes usap di layanan rujukan resmi tersebut, guna melengkapi dokumen perjalanan sesuai dengan persyaratan dari otoritas kesehatan dan penerbangan.

Sepuluh penyedia jaringan pelayanan pemeriksaan tes usap tersebut terdiri dari RS Pertamina (IHC Group), RS Siloam Hospital, RS Bunda, Lab Prodia, Lab Tirta Medical Centre. Kemudian, RS Primaya/RS Awal Bros, LabKlinik Kimia Farma, RSU Tabanan Bali, RSUD Bali Mandara, dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK).

Irfan menjelaskan bahwa saat ini pihaknya menyediakan fasilitas ini di 150 titik layanan rujukan resmi pemeriksaan tes usap yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Ke depannya, jumlah tersebut akan terus kami update secara berkala sesuai rekomendasi Kemenkes RI, sehingga pilihan layanan pemeriksaan swab test bagi calon penumpang dapat semakin beragam," kata Irfan.

Baca juga: Garuda dinobatkan maskapai penerbangan dengan prokes terbaik dunia
Baca juga: Hingga September 2020, Garuda bukukan pendapatan usaha Rp16 triliun
Baca juga: Libur panjang, Garuda harap peningkatan penumpang capai 30 persen

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020