UMKM saat ini jatuh bangun untuk dapat menstabilkan usahanya dan menghidupi banyak orang
Denpasar (ANTARA) - PT Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, melalui program kemitraan telah menyalurkan bantuan modal usaha untuk UMKM sebesar Rp19,8 miliar selama 2020 di wilayah kerja Jatimbalinus.
 
"Pertamina selama Tahun 2020 telah menyalurkan Rp19,8 miliar bantuan modal usaha untuk UMKM di Jatimbalinus. Bantuan modal usaha yang diberikan kepada pelaku UMKM di antaranya sinergi dengan mitra binaan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) masing-masing kabupaten," kata Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Region Jatimbalinus Deden Mochammad Idhani dalam siaran pers yang diterima di Denpasar, Selasa malam.
 
Ia menjelaskan bentuk sinergi tersebut berupa pengembangan delapan mitra binaan DPSP Kabupaten Lombok Timur senilai Rp930 juta, tujuh mitra binaan DPSP Kabupaten Bima senilai Rp750 juta, tiga mitra binaan Pinky Movement senilai Rp320 juta.
 
Selain itu, satu mitra binaan sinergi dengan Asosiasi Bussiness Development Services Indonesia (ABDSI) senilai Rp25 juta dan 11 mitra binaan umum dari berbagai sektor senilai Rp1,4 miliar, meliputi industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan jasa lainnya.
 
Menjelang akhir tahun, PT Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, menyalurkan dukungan bantuan modal usaha dana bergulir melalui program kemitraan dengan nilai Rp3,5 miliar kepada 30 UMKM di wilayah Jatimbalinus.
 
Program kemitraan ini, menjadi salah satu upaya Pertamina mendukung kebangkitan UMKM yang menjadi pilar penggerak ekonomi dan merasakan dampak signifikan saat pandemi.
 
“UMKM saat ini jatuh bangun untuk dapat menstabilkan usahanya dan menghidupi banyak orang. Program kemitraan ini diharapkan dapat menjadi stimulus kepada mereka agar bangkit dan mandiri sehingga bisa membantu menggerakkan roda perekonomian,” katanya.

Pertamina juga memberikan pendampingan dan pembinaan kepada mitra binaan dalam bentuk keikutsertaan di pameran dan pelatihan peningkatan kualitas UMKM.

Baca juga: Merajut kemitraan dengan Pertamina, harapan untuk aksara tanpa kata
Baca juga: Pertamina komitmen dorong UKM melalui program kemitraan
Baca juga: Pertamina siap bantu permodalan UMKM di Riau dengan biaya ringan

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020