Saya minta kepada seluruh menteri, pimpinan lembaga, kepala daerah, terutama yang punya anggaran-anggaran besar seperti Kemendikbud, Kementerian PUPR... lakukan lelang sedini mungkin...
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta sejumlah Kementerian/Lembaga (K/L) melakukan lelang untuk kegiatan kementerian dan lembaga sedini mungkin untuk menggerakkan perekonomian di kuartal I 2021.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2021 di Jakarta, Rabu.

"Saya minta kepada seluruh menteri, pimpinan lembaga, kepala daerah, terutama yang punya anggaran-anggaran besar seperti Kemendikbud, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, dan lainnya, lakukan lelang sedini mungkin, di bulan Desember ini," ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi minta menteri dan kepala daerah mereformasi anggaran

Presiden Jokowi berharap dengan kegiatan lelang sedini mungkin maka pada Januari 2021 sudah ada pergerakan ekonomi, karena lelang sudah dilakukan sejak DIPA diserahkan.

Kepala Negara menyampaikan bantuan sosial (bansos) pada awal Januari 2021 juga harus segera diberikan kepada penerima manfaat agar belanja masyarakat meningkat dan konsumsi pun meningkat sehingga menggerakkan ekonomi di lapisan bawah.

"Kita harus bekerja lebih cepat dalam kondisi krisis, semangat auranya berbeda. Semuanya sudah sering saya sampaikan, pindah channel ke extraordinary agar berdampak dan memberikan daya ungkit pada pertumbuhan ekonomi," ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi: Pengadaan barang/jasa 2020 tinggal sebulan lagi

Baca juga: Menteri PUPR: 1.900 paket mulai proses lelang, guna pemulihan ekonomi




 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020