Dinkes: Pasien dalam pengawasan tersisa 28 orang di Rejang Lebong

id COVID-19 ,pasien sembuh ,Rejang Lebong

Dinkes: Pasien dalam pengawasan tersisa 28 orang di Rejang Lebong

Syamsir, Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong. (dok.Antarabengkulu.com)

Rejang Lebong (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah pasien COVID-19 di daerah itu yang masih dalam pengawasan saat ini tersisa 28 orang.

Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Rejang Lebong Syamsir dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan jumlah warga setempat yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 sejak kasus pertama pada Juni lalu hingga saat ini mencapai 278 kasus.

"Total jumlah warga Rejang Lebong yang dinyatakan terkonfirmasi positif sampai saat ini mencapai 278 kasus, di mana sebanyak 250 kasus selesai dalam pengawasan dan 28 kasus masih dalam pengawasan," kata dia.

Pasien yang sedang dalam pengawasan ini adalah mereka yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing maupun yang menjalani perawatan di rumah sakit yang ada di Kota Curup maupun di Kota Bengkulu serta beberapa rumah sakit di Provinsi Sumatera Selatan.

Baca juga: Dinkes: Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 17 di Rejang Lebong

Baca juga: Kepala Bappeda Rejang Lebong positif covid, kantor ditutup sementara


Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Rejang Lebong saat ini, kata dia, masih menunjukkan peningkatan dengan adanya penambahan lima kasus baru yang tercatat pada Rabu ini, tiga diantaranya berasal dari Kecamatan Curup Tengah yakni kasus 274, laki-laki berumur 42 tahun dengan keluhan sesak nafas dan saat ini dilakukan isolasi mandiri.

Kemudian kasus 275, perempuan berumur 34 tahun dengan keluhan anosmia dan lesu, saat ini dilakukan isolasi mandiri, lalu kasus 276, perempuan berumur 56 tahun dengan keluhan demam, batuk, pilek dan saat ini tengah dirawat di RS AR Bunda Kota Lubuklinggau, Sumsel.

Selanjutnya kasus 277, perempuan berumur 36 tahun asal Kecamatan Curup Timur dengan keluhan demam, batuk, anosmia dan kini tengah menjalani perawatan di RS AR Bunda Kota Lubuklinggau.

Serta kasus 278, seorang laki-laki berumur 75 tahun asal Kecamatan Curup dengan keluhan lemas dan saat ini dirawat di RSUD Curup.

Selain mencatat ada penambahan kasus baru, pada hari itu juga ada dua kasus sembuh yakni kasus 230 dari Kecamatan Curup Selatan dan kasus 232 dari Kecamatan Curup.

Sedangkan untuk data pelaku perjalanan ke daerah itu dari sejumlah kawasan zona merah sebanyak 13.601 orang.

Kemudian jumlah suspek 218 kasus, jumlah suspek discarded (sembuh) ada 150 kasus, jumlah suspek di isolasi ada 12 kasus dan jumlah probable enam kasus.

Dia mengimbau warga Rejang Lebong agar selalu menerapkan protokol kesehatan 3M yakni selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir serta selalu menjaga jarak.*

Baca juga: Staf terkonfirmasi COVID-19, Kejari Rejang Lebong tutup

Baca juga: Kasus COVID-19 di Rejang Lebong bertambah 21

Pewarta : Nur Muhamad
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar