Jakarta (ANTARA) - Timnas basket Indonesia optimistis bisa meraih kemenangan saat melawan Thailand pada Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 windows kedua di Manama, Bahrain, Sabtu (28/11).

Menurut manajer timnas Indonesia Maulana Fareza Tamrella, peluang untuk menang itu cukup besar karena timnas Thailand tidak membawa pemain naturalisasinya ke Bahrain.

“Peluang (menang) ada karena Thailand enggak bawa pemain naturalisasinya. Keuntungan buat Indonesia,” kata Fareza saat dihubungi dari Jakarta, Rabu.

Sebanyak 12 pemain timnas akan tampil di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Dua pemain naturalisasi, yakni Brandon van Dorn Jawato dan Lester Prosper juga bakal memperkuat skuat Garuda melawan Thailand nanti.

Demikian juga dengan dua pemain terbaik di windows pertama, Andakara Prastawa dan Abraham Damar Grahita, akan kembali bermain di Bahrain nanti.

Baca juga: Indonesia hanya akan hadapi Thailand di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Komposisi tersebut diyakini dapat mengantarkan skuat asuhan Rojko Toroman itu untuk mengantongi satu kemenangan usai menelan dua kekalahan di windows pertama, Februari lalu. Fareza yakin Indonesia bisa finis di posisi ketiga klasemen Grup A.

Kondisi serupa juga berlaku bagi Thailand. Laga kali ini merupakan yang kedua setelah kalah oleh Korea Selatan di windows pertama. Tim Negeri Gajah Putih itu juga sama-sama mengincar kemenangan di Bahrain demi meningkatkan peluang lolos ke FIBA Asia Cup 2021.

Pada awalnya timnas Indonesia dijadwalkan bertanding melawan Thailand dan Korea Selatan pada windows kedua. Namun FIBA mengubah jadwal pertandingan sehingga Indonesia tidak akan bertemu Korea Selatan pada November ini.

Ada 24 tim yang terbagi ke dalam enam grup kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Dua urutan teratas dari masing-masing grup akan otomatis tampil di Piala Asia 2021. Sedangkan peringkat ketiga akan bertanding lagi untuk memperebutkan empat slot menuju babak utama.

Indonesia saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan rekor 0-2.

Windows ketiga yang juga akan menjadi windows terakhir dijadwalkan berlangsung pada 18-22 Februari 2021.

Baca juga: Timnas Indonesia umumkan 12 pemain di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021
Baca juga: FIBA tetapkan Brandon Jawato sebagai pemain lokal Indonesia


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020