Surabaya (ANTARA) - Renovasi luar Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dengan membangun akses jalan, lahan parkir dan tiga lapangan latihan, terus dikebut menjelang Piala Dunia U-20 tahun depan.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan renovasi dalam stadion yang disesuaikan dengan standar Federation of International Football Association (FIFA) sudah rampung,  mulai dari lift, rumput, sampai single seat.

"Pemasangan lampu juga sudah kelar, tinggal instalasi ke PLN," kata Tri Rismaharini di Surabaya, Jumat, 

Sedangkan pembangunan luar stadion berupa tiga lapangan latihan diupayakan selesai akhir 2020, sedangkan akses berupa jalan baru yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Surabaya akan selesai sekitar Maret dan April 2021.

Baca juga: Renovasi Sidolig untuk Piala Dunia U-20 ditargetkan rampung April 2021

"Kami juga berencana membuat penerangan jalan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Mudah-mudahan malah tidak menggunakan genset," kata dia.

Meski demikian, kata dia, nanti akan dilihat sambungan tambahan dayanya karena cukup besar bukan hanya stadion tapi juga komplek, jalan-jalan baru, tiga lapangan latihan butuh penerangan.

Melihat GBT yang sudah siap menyambut Piala Dunia U-20, Risma berpesan kepada masyarakat agar saat Piala Dunia tiba yang paling penting warga harus menjadi tuan rumah yang baik dan ramah karena tuan rumah yang ramah akan menjadi daya pikat wisatawan sehingga datang kembali ke Surabaya.

"Jadi, orang betah itu tidak mesti terkesan dengan sesuatu yang mewah. Tapi bisa juga terkesan karena keramah-tamahannya dan di Surabaya itu yang sangat terkenal," kata Risma.

Baca juga: Renovasi lapangan pendukung Piala Dunia di Solo dimulai

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020