Timika (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama rombongan dijadwalkan akan menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat Papua di Timika pada Sabtu siang ini.

Asops Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Suswatyo di Timika, Sabtu mengatakan  bahwa pertemuan antara Panglima TNI dengan para tokoh masyarakat Papua akan berlangsung di Hotel Rimba Papua Timika.

Pertemuan tersebut dijadwalkan berlangsung tidak terlalu lama lantaran Panglima TNI bersama rombongan akan melanjutkan kunjungan kerja ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Panglima TNI pimpin sertijab Komandan Paspampres

Ikut bersama rombongan Panglima TNI diantaranya Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto.

"Bapak Panglima akan menggelar pertemuan dengan beberapa tokoh masyarakat. Namun dalam pelaksanaannya nanti, tidak begitu lama karena beliau masih ada agenda penting lainnya," jelas Brigjen Suswatyo.

Sehubungan dengan kunjungan Panglima TNI di Timika, sejak Sabtu pagi aparat keamanan gabungan TNI dan Polri telah disiagakan di beberapa titik di Kota Timika, mulai dari Bandara Mozes Kilangin hingga Hotel Rimba Papua.

Pada Sabtu pagi juga digelar apel pengamanan kunjungan Panglima TNI bertempat di Hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika sisi utara.

"Pasukan sudah ditempatkan di beberapa titik, mulai dari bandara, rute perjalanan ke Hotel Rimba Papua sampai di Hotel Rimba Papua sendiri. Semoga semuanya bisa berjalan lancar dan aman," kata Brigjen Suswatyo.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan bantuan 59 ekor ternak babi untuk pelaksanaan "bakar batu" masyarakat Papua di beberapa kabupaten.

Ternak babi bantuan Panglima TNI itu diangkut dengan pesawat Hercules TNI AU dari Ambon, Maluku dan tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika pada Kamis (26/11).

Ternak babi bantuan dari Panglima TNI itu langsung didistribusikan ke beberapa daerah seperti Wamena, Sugapa, Ilaga, Puncak, dan Mimika.

Baca juga: Panglima TNI wisuda 923 prajurit dan bhayangkara taruna
Baca juga: Panglima TNI dukung penurunan baliho Rizieq

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020