Sepekan, COVID-19 klaster Petamburan-Tebet hingga gerhana bulan

id Klaster Petamburan-Tebet,Positif COVID-19,Gerhana Bulan Penumbra,BPJS Kesehatan,JKN-KIS,Jaminan Kesehatan Nasional,Kartu Indonesia Sehat,Produksi Film

Sepekan, COVID-19 klaster Petamburan-Tebet hingga gerhana bulan

Stasiun Geofisika BMKG Deli Serdang, Sumatera Utara, menyebutkan akan terjadi fenomena Gerhana Bulan Penumbra pada 30 November 2020.  (FOTO ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pengunjung Antaranews.com, mulai dari 80 orang positif dari kerumunan Petamburan dan Tebet hingga gerhana bulan penumbra yang tidak berdampak pada pelayaran.

1. 80 orang positif COVID-19 dari kerumunan Petamburan dan Tebet

Sebanyak 80 orang dari kerumunan yang terjadi di wilayah Petamburan dan Tebet Jakarta terkait acara yang dihadiri oleh Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Budi Hidayat dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta yang dipantau melalui daring, Minggu (22/11), menyebutkan hasil pemeriksaan melalui tes PCR yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan terdapat 50 kasus positif COVID-19 di Tebet dan 30 kasus di Petamburan dalam kerumunan tersebut.

2. BPJS Kesehatan puji layanan industri keuangan terhadap JKN-KIS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosia (BPJS) Kesehatan memuji mitra kerja di industri keuangan dalam memberikan layanan pembayaran iuran serta penyaluran pembiayaan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"Kami mengapresiasi kinerja baik dari seluruh mitra kerja yang sudah sejak awal mendukung dalam menciptakan inovasi, kemudahan layanan dalam rangka keberlangsungan Program JKN-KIS dan melayani 223 juta peserta JKN-KIS," kata Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso dalam penyerahan penghargaan di acara Payment Channel Award BPJS Kesehatan Tahun 2020, Jakarta, Rabu (26/11).

3. Kemendikbud dorong masyarakat kreatif buat film di tengah pandemi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan asesor untuk sertifikasi kompetensi sebagai legalitas pengakuan terhadap pelaku film agar lebih kreatif dan terus berkarya membuat film berkualitas.

"Untuk bisa menguji itu butuh asesor, kita baru ada asesor 30 orang," kata Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbud Judi Wahyudin usai gelar Festival Film Pendek Fiksi Jabar XI di Garut, Jawa Barat, Sabtu (21/11/2020) malam.

4. Lapan sebut pelayaran tak perlu khawatir gerhana bulan penumbra

Peneliti astronomi dan astrofisika Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto mengatakan dampak dari fenomena gerhana bulan penumbra pada akhir November 2020 tidak mengkhawatirkan bagi pelayaran.

"Tidak ada yang mengkhawatirkan pelayaran, kecuali bila ada peringatan gelombang tinggi karena cuaca ekstrem," kata Rhorom dihubungi di Jakarta, Kamis (26/11).

5. 3.122 KK di Kota Tebing Tinggi terdampak banjir

Sedikitnya 3.122 kepala keluarga di lima kecamatan di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara terdampak banjir akibat Sungai Padang yang meluap pada Jumat (27/11).

"Korban atau rumah yang tergenang akibat banjir sementara sebanyak 3.122 KK. Itu sementara, karena sampai saat ini debet air masih terus meningkat diperkirakan korban akan bertambah," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tebing Tinggi Wahid Sitorus. (T.D018)

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar