Sentimen ini kemungkinan akan berlanjut hingga Desember dan pertemuan (Federal Reserve AS), di mana beberapa tindakan lebih lanjut kemungkinan besar terjadi, mengingat risiko virus jangka pendek di Amerika Serikat.
Sydney (ANTARA) - Dolar jatuh ke level terendah lebih dari dua tahun pada Senin pagi, dan akan mencatat penurunan bulanan terbesar sejak Juli, ketika kombinasi optimisme vaksin dan spekulasi tentang lebih banyak pelonggaran moneter di Amerika Serikat mendorong investor keluar dari mata uang cadangan dunia itu.

Terhadap sekeranjang mata uang, greenback tergelincir 0,1 persen menjadi 91,707, terendah sejak April 2018. Dolar Selandia Baru yang sensitif terhadap risiko mencapai level tertinggi dua setengah tahun dan menuju kenaikan persentase bulanan terbaiknya dalam tujuh tahun.

"Tema tetap akrab: pelemahan dolar yang luas di tengah meningkatnya selera risiko," kata analis ANZ Bank dalam sebuah catatan.

"Sentimen ini kemungkinan akan berlanjut hingga Desember dan pertemuan (Federal Reserve AS), di mana beberapa tindakan lebih lanjut kemungkinan besar terjadi, mengingat risiko virus jangka pendek di Amerika Serikat."

Baca juga: Dolar jatuh ke terendah hampir 3 bulan, investor serbu uang berisiko

Euro dan dolar Australia masing-masing naik sedikit ke puncak tiga bulan. Aussie naik lebih dari lima persen untuk bulan tersebut, kiwi (dolar Selandia Baru) 6,4 persen dan euro 2,7 persen.

Sterling berdiri di 1,3325 dolar, setelah naik dengan stabil bulan ini ke level tertinggi sejak September, saat investor mempertaruhkan kesepakatan Brexit akan ditengahi bahkan ketika batas waktu untuk pembicaraan semakin mendekat.

Indeks dolar jatuh sekitar 2,4 persen untuk November karena hasil uji coba yang menjanjikan untuk tiga kandidat vaksin utama membuat investor bersemangat tentang berakhirnya pandemi virus corona. Ini hampir 11 persen di bawah tertinggi Maret di 102,990.

Kegelisahan tentang gelombang infeksi baru di seluruh Eropa dan Amerika Serikat, dan penguncian baru, telah memberikan beberapa dukungan untuk mata uang safe-haven dan sedikit rem untuk kejatuhan dolar.

Baca juga: Rupiah akhir pekan menguat seiring positifnya mata uang Asia

Namun, karena pemilu AS yang berlarut-larut telah mengalihkan perhatian pembuat undang-undang untuk mengeluarkan segala jenis paket pengeluaran fiskal, investor mulai berharap bahwa Fed akan turun tangan, mungkin dengan lebih banyak membeli obligasi, ketika pertemuan berikutnya pada Desember.

Kesaksian ketua Fed Jerome Powell di hadapan Kongres pada Selasa (1/12/2020) dan Rabu (2/12/2020), serta data pasar tenaga kerja AS minggu ini akan diawasi dengan ketat untuk petunjuk mengenai pemikiran bank sentral dan bentuk luas dari pemulihan ekonomi.

Yen Jepang sedikit menguat pada 104,07 per dolar pada Senin pagi dan telah naik sedikit di atas setengah persen hingga November karena jumlah kematian akibat pandemi meningkat menjadi 1,5 juta orang.

"Dolar dengan lembut melayang ke posisi terendah tahun ini ketika investor mengalokasikan kembali portofolio untuk pemulihan perdagangan di seluruh dunia," kata ahli strategi ING Chris Turner dan Francesco Pesole dalam sebuah catatan kepada nasabah.

“Sementara lebih banyak pembatasan penguncian mungkin menghalangi pasar ekuitas AS, prospek Fed yang siap untuk menambah lebih banyak likuiditas akan membatasi kenaikan dolar. Dan mengingat indeks dolar telah jatuh dalam tujuh dari sepuluh (bulan) Desember terakhir, kami menyokong penurunan dolar yang lembut hingga akhir tahun."

November juga menandai kenaikan bulanan keenam berturut-turut untuk yuan China, yang telah melonjak sekitar sembilan persen dari level terendah di Mei.

Itu sama dengan kenaikan bulanan yang serupa pada 2013, tetapi jumlahnya jauh lebih besar ketika China memimpin dunia keluar dari pandemi virus corona dan arus masuk modal mendorong mata uang ke ketinggian baru.

Yuan terakhir duduk di 6,5743 per dolar dalam perdagangan luar negeri, kurang lebih stabil karena investor menunggu indeks manajer pembelian November yang akan dirilis pada 01.00 GMT.

"Pembacaan bulan ke bulan ini diperkirakan menunjukkan ekspansi di seluruh ekonomi China," kata Michael McCarthy, kepala strategi di pialang saham CMC Markets di Sydney.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020