Dinkes Riau akan lacak klaster baru COVID-19 para istri pejabat

id istri pejabat, istri gubernur riau

Dinkes Riau akan lacak klaster baru COVID-19 para istri pejabat

Mimi Yuliani Nazir. (ANTARA/HO-Diskominfo Riau)

¬†Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau segera melakukan penelusuran dan pelacakan terhadap lingkungan dan kerabat dari istri para pejabat setempat yang dikabarkan tertular COVID-19, setelah beberapa waktu lalu mengikuti kegiatan guna memutus mata rantai penularan yang lebih banyak.

"Kalau informasi itu benar kami akan tracing sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) COVID-19, untuk memutus mata rantai penularan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Senin.

Mimi mengaku sejauh ini belum menerima laporan data tentang klaster baru istri-istri pejabat Pemprov Riau, namun demikian sesuai SOP akan segera dilalukan protokoler kesehatan COVID-19.

Bagi yang kondisi konfirmasi COVID-19 nya bergejala, sedang, hingga parah maka akan segera dirujuk ke rumah sakit. "Orang Tanpa Gejala (OTG) kami sarankan isolasi mandiri," katanya.

Baca juga: Satgas belum beri izin, Kota Dumai-Riau belum buka kelas tatap muka

Baca juga: Riau bentuk tim supervisi isolasi mandiri COVID-19 di Lapas Pekanbaru


Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Chairul Riski mengatakan ada sejumlah istri-istri pejabat Riau yang terkonfirmasi COVID-19, saat penyelenggaraan acara Dharma Wanita beberapa waktu lalu.

"Iya Ibu Alzuhra (Karo Adpim, red) positif COVID-19. Kalau tidak salah sudah tiga hari ini," kata Chairul Riski kepada media lokal.

Selain Karo Adpim, mantan Kepala Biro Humas Setdaprov Riau ini juga membenarkan istri-istri pejabat eselon II banyak positif COVID-19.

"Seperti istri Pak Asrizal (Kepala Disperindagkop-UKM), istri pejabat lainnya. Saya belum bisa rincikan karena belum pegang data," ujarnya.

Ditanya Karo Adpim dan kontak itri-istri pejabat yang positif COVID-19, Riski belum bisa memastikan kontaknya.

"Karena ini banyak ibu-ibu pejabat, mungkin ini tertular saat acara dharma wanita beberapa waktu lalu," tukasnya.

Baca juga: 95 persen tenaga kesehatan yang tertular COVID-19 di Riau sudah sembuh

Baca juga: Pastikan penerapan prokes, Gubernur Riau siap periksa sekolah

Pewarta : Vera Lusiana
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar