Sudah lebih dari 400 ASN terpapar COVID-19
Pekanbaru (ANTARA) - Pemprov Riau memperketat antisipasi terhadap penularan COVID-19 di klaster perkantoran karena ada 400 lebih Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemprov Riau sudah terinfeksi.

"Sudah lebih dari 400 ASN terpapar COVID-19. Tak hanya ASN, tapi juga tenaga harian lepas," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan, dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, dari ratusan pegawai yang terpapar itu, ada delapan orang yang meninggal dunia. Mayoritas pegawai yang terinfeksi sudah sembuh, sehingga ada puluhan lagi yang masih dirawat.

“Ada 30 orang sedang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri yang disiapkan pemerintah setempat,” katanya.

Disinggung banyak ASN dan THL yang positif COVID-19 karena kurang pengawasan, Ikhwan Ridwan mengatakan, terkait hal itu Gubernur Riau sudah mengeluarkan surat edaran, yang mana untuk pengawasan dapat dilakukan kepala OPD masing-masing.

"Termasuk soal kegiatan, Pak Gubernur sudah ingatkan agar jangan melebihi dari 40-50 orang. Jika pun lebih, maka jaraknya harus disesuaikan dengan protokol kesehatan. Jadi untuk pengawasan itu diserahkan ke OPD masing-masing," ujarnya.

Baca juga: Riau bentuk tim supervisi isolasi mandiri COVID-19 di Lapas Pekanbaru

Baca juga: 94 persen Nakes positif COVID-19 di Riau sudah sembuh


Untuk itu, Ikhwan mengingat seluruh ASN dan THL Pemprov Riau untuk hati-hatian dan waspada, serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) saat bekerja di kantor maupun di rumah.

Selain itu, Ikhwan juga kembali mengingatkan agar para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memperketat protokol kesehatan dan pengawasan terhadap anggota-anggotanya. Sebab, kegiatan pengawasan terhadap ASN dan THL dibebankan kepada setiap pimpinan di OPD masing-masing.

"Jadi untuk pengawasannya memang diserahkan kepada kepala OPD masing-masing. Selain itu kebijakan work from home (WFH) sampai sekarang masih berlaku. Hanya saja jadwalnya bergantian untuk pegawai yang datang ke kantor," katanya. 

Baca juga: Dinkes Riau akan lacak klaster baru COVID-19 para istri pejabat

Baca juga: 95 persen tenaga kesehatan yang tertular COVID-19 di Riau sudah sembuh

 

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020