Total ada 461 kilogram sayuran dan 442 kilogram ikan lele dan nila
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat bersama masyarakat melaksanakan panen serentak dengan hasil ratusan kilo sayuran dan ikan dari dari 40 lokasi tersebar di wilayah itu.

"Hari ini ada 40 titik atau lokasi panen yang tersebar di delapan kecamatan. Total ada 461 kilogram sayuran dan 442 kilogram ikan lele dan nila," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, Iwan Indriyanto di Jakarta, Senin.

Sebanyak 40 lokasi panen tersebut tersebar di delapan kecamatan di wilayah Jakarta Barat.

Dari 40 titik tersebut di antaranya di Walkot Farm Jakarta Barat, kemudian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Kelompok tani (Poktan) GSG 07 Kembangan Utara, MB Fam (Masjid Baitulsalam) Tamansari dan POKDAKAN Mina Usaha Lestari Kalideres.

Baca juga: Jakarta Selatan panen serentak produk pertanian dan perikanan

Iwan mengatakan kegiatan panen tersebut merupakan bagian dari kegiatan panen serentak Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP), berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta.

Jenis sayuran yang dipanen di antaranya caisim, pakcoy, kangkung, bayam, terang, cabai dan sebagainya. Kemudian ikan jenis lele dan nila.

"Hasil panen sayuran , sebagian dijual dan sisanya dibagi bagi, sedangkan ikan rata-rata dijual," kata dia.

Panen serentak dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara daring di 228 lokasi di Ibu Kota dengan sebaran 56 lokasi di Jakarta Timur, 52 lokasi di Jakarta Utara, 42 lokasi di Jakarta Selatan, 40 lokasi di Jakarta Barat, 31 lokasi di Jakarta Pusat dan enam lokasi di wilayah Kepulauan Seribu.

Baca juga: Ada 30 ton ikan kerapu cantang siap jual di Kepulauan Seribu

Lokasi panen tersebut terdiri dari kawasan perkantoran 12 lokasi, kantor polsek satu lokasi, RPTRA 58 lokasi, sekolah dua lokasi dan kelompok tani 154 lokasi dengan hasil panen pertanian diperkirakan mencapai 63 ton dan 0,7 ton untuk panen perikanan.
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020