Industri hulu migas merupakan industri yang sarat akan ketidakpastian, sehingga untuk menarik investasi agar produksi migas meningkat, maka ketidakpastian tersebut harus dikurangi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia mengakui sektor minyak dan gas (migas) penuh ketidakpastian sehingga melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan daya tarik investasi di sektor tersebut.

"Industri hulu migas merupakan industri yang sarat akan ketidakpastian, sehingga untuk menarik investasi agar produksi migas meningkat, maka ketidakpastian tersebut harus dikurangi," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam acara "2020 International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (IOG 2020) secara virtual", di Jakarta, Rabu.

Menteri ESDM Arifin mengungkapkan sumber ketidakpastian dalam industri migas berasal dari eksternal yakni fluktuasi atau turunnya harga minyak, sementara dari sisi internal, dapat berupa regulasi atau perizinan yang terlalu kompleks, atau terkait insentif pendukung keekonomian lapangan, baik yang berada di dalam maupun di luar jangkauan kontrol Kementerian ESDM.

Pemerintah sendiri mengaku telah melakukan sejumlah upaya untuk mengurangi ketidakpastian agar bisa meningkatkan daya tarik investasi migas di Indonesia. Upaya tersebut mulai dari penyederhanaan perizinan yang telah dilimpahkan ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Baca juga: Menteri ESDM: peluang industri migas masih prospektif

"Saya ingin mendengar, sudah seefektif apa sistem pelayanan itu sekarang serta mana-mana yang masih perlu dioptimalkan? Masukan dari konvensi mengenai ini, kami tunggu," kata Menteri ESDM.

Upaya lain yang dilakukan yaitu penyediaan dan keterbukaan data di mana melalui Permen ESDM Nomor 7/2019 tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Data Minyak dan Gas Bumi, pemerintah telah mendorong keterbukaan akses data bagi para investor.

Selain itu, kata dia, pemerintah telah berperan aktif untuk penyediaan data baru dari selesainya akuisisi data seismik 2D 32.200 km Open Area.

Baca juga: Luhut: Petrokimia jadi solusi industri migas saat harga minyak turun

"Telah diberikan kebebasan kepada kontraktor migas untuk menentukan pilihan jenis kontrak, baik menggunakan Gross Split atau Production Sharing Contract (PSC) sehingga diharapkan investasi di sub sektor migas semakin menarik dan meningkat," ujar Menteri ESDM Arifin.

Di sisi lain, kata dia, pemerintah juga terus mendorong integrasi hulu-hilir diantaranya berupa penurunan harga gas, untuk mendorong tumbuhnya industri domestik.

"Harus kita sadari bahwa kejayaan migas telah berlalu, untuk itu pemerintah tidak lagi mengedepankan besarnya bagi hasil (split) untuk negara, tetapi lebih diarahkan mendorong agar proyek migas dapat berjalan melalui pemberian insentif bagi beberapa Plan of Development (POD) yang selama ini dinilai tidak ekonomis oleh kontraktor," pungkas Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Baca juga: Industri migas bertekad tak impor meski harga minyak turun

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020