Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Ferrari Charles Leclerc akan bertaruh George Russell memenangi Grand Prix Sakhir pada Minggu nanti ketika sang pebalap Inggris menjalani debut bersama Mercedes menggantikan Lewis Hamilton di balapan penultima musim ini.

Russell, 22, belum mencetak satu poin pun selama dua musim membela tim Williams yang kewalahan di papan bawah.

Namun pebalap Inggris itu mendapat kesempatan emas setelah Mercedes memandatinya menggantikan Hamilton karena sang juara dunia tujuh kali terinfeksi COVID-19.

Baca juga: Russell gantikan Hamilton di Mercedes untuk Grand Prix Sakhir
Baca juga: Lewis Hamilton positif terjangkit COVID-19


"Saya rasa dia akan menunjukkan betapa bagusnya dia sebagai pebalap akhir pekan ini," kata Leclerc di sesi jumpa pers virtual seperti dikutip Reuters, Kamis.

"Paling tidak podium, tapi saya harap (dia) menang. Maksud saya, itu sangat optimistis tapi saya tahu dia sangat bagus. Saya bisa bertaruh dia menang."

Leclerc merupakan salah satu pebalap muda yang meniti karir bersama Russell dari peringkat junior dan mereka masih menjaga hubungan erat tahun ini setelah sempat meramaikan balapan virtual ketika pandemi menunda musim balapan.

Leclerc adalah juara dunia Formula 2 2017, sedangkan Russell juara 2018.

Baca juga: Russell tak akan sia-siakan kesempatan emas bersama Mercedes
Baca juga: Tanpa target dari Mercedes, Russell juga tanpa beban di GP Sakhir


Pebalap McLaren Lando Norris, 21, yang menjadi runner-up setelah Russell di Formula 2, juga salah satu yang dekat dengan kedua pebalap dan yakin bahwa Russell akan bersinar.

"Dia mungkin akan mencetak poin pertamanya di Formula 1 dan kemungkinan besar meraih podium dan bahkan kemenangan. Saya mendoakan dia yang terbaik," kata Norris.

Norris, yang saat ini di peringkat tujuh, akan menjadi pebalap Inggris yang memiliki posisi tertinggi di klasemen dengan absennya Hamilton, namun ia sadar itu hanya bualan karena Russell saat ini memiliki mobil yang lebih cepat.

Norris pun tak ingin sesumbar dan mengatakan," saya yakin setelah FP1 dia akan menertawakan saya."

"Tidak ada faedahnya mengatakan hal seperti itu karena saya yakin saya bisa kena batunya, saya yakin itu."

Baca juga: Alonso diizinkan FIA ikuti sesi tes akhir musim F1 di Abu Dhabi
Baca juga: FIA mulai investigasi kecelakaan Grosjean di Grand Prix Bahrain
Baca juga: Statistik Grand Prix F1 Sakhir

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020