LLDIKTI-X: Jumlah dosen PTS bergelar doktor kurang dari 10 persen

id berita kampus, LLDIKTI-X, dosen PTS,bergelar doktor kurang

LLDIKTI-X: Jumlah dosen PTS bergelar doktor kurang dari 10 persen

Kegiatan sosialisasi program pascasarjana LLDIKTI-X bersama Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). ANTARA/HO_Humas LLDIKTI-X.

Padang (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Yandri menyebutkan sampai saat ini jumlah dosen PTS bergelar doktor masih kurang dari 10 persen.

"Untuk itu, persentase dosen PTS dengan kualifikasi pendidikan S3 di lingkungan LLDIKTI wilayah X perlu ditingkatkan," kata dia di Padang, Jumat.

Menurut dia dengan adanya peningkatan kualifikasi pendidikan akan membantu dosen dalam peningkatan kualitas dan profesionalitasnya dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, serta menghasilkan lulusan yang kompetitif.

Ia mengatakan salah satu upaya yang dilakukan LLDIKTI Wilayah X untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan dosen, yakni dengan cara memfasilitasi pelaksanaan sosialisasi program pascasarjana bersama Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM).

Yandri mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman antara LLDIKTI Wilayah X dengan UTHM yang telah ditandatangani di Padang pada September tahun lalu.

Baca juga: LLDIKTI-X minta dosen PTS tingkatkan kualitas pembelajaran daring

Baca juga: LLDIKTI X: Literasi digital bisa tingkatkan kemampuan pustakawan PTS


"Kegiatan sosialisasi program pascasarjana tersebut bertemakan tentang mengejar studi pascasarjana di UTHM yang digelar secara daring pada Rabu (2/12)," kata dia.

Ia juga menyebutkan kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh seratus peserta yang terdiri atas pimpinan dan dosen PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X.

Menurut Yandri pelaksanaan kegiatan ini akan membuka kesempatan bagi dosen PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X untuk melanjutkan pendidikannya sampai ke strata S3 di perguruan tinggi luar negeri yang menjadi mitra kerja sama LLDIKTI Wilayah X seperti UTHM.

Di samping itu, Dekan Pusat Pengajian Siswazah UTHM Dr Mohd Hisyam bin Abdul Rahim mengatakan saat ini ada 12 program doktoral dan 31 program master yang ditawarkan oleh UTHM dalam bentuk research dan coursework program.

Dekan Pusat Pengajian Umum dan Kokurikulum UTHM Prof Madya Dr Khairul Azman bin Mohamad Suhaim berharap agar UTHM dapat menjalin kerja sama yang lebih banyak lagi dengan PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X dalam penyelenggaraan berbagai program. 

Baca juga: Kepala LLDIKTI Kalimantan : PT wajib perhatikan akreditasinya

Baca juga: LLDIKTI Wilayah X umumkan pemenang Entrepreneurship Award ke-IV 2020

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar