Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mencatat telah terjadi penambahan harian kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 65 orang, sehingga total ada 4.288 kasus positif.

"Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Lampung bertambah 65 didapat dari delapan kabupaten/kota di Provinsi Lampung," ujar Kepala Dinkes Provinsi Lampung Reihana melalui keterangan tertulis, di Bandarlampung, Sabtu.

Reihana mengatakan penambahan tersebut terinci ada 30 kasus asal Kota Bandarlampung, 14 kasus asal Kabupaten Lampung Utara, 8 kasus asal Lampung Tengah, 5 kasus asal Lampung Selatan, Lampung Timur 5 kasus, dan masing-masing 1 kasus asal Kota Metro, Kabupaten Pesawaran serta Lampung Barat.

Baca juga: RSKI Pulau Galang rawat inap 334 pasien terkonfirmasi positif COVID-19

"Dari penambahan 65 kasus positif COVID-19, ada sebanyak 28 orang hasil penelusuran dan 37 orang masuk dalam kategori kasus baru," ujarnya.

Ia menjelaskan diketahui pula 53 orang pasien COVID-19 tengah melakukan isolasi mandiri, sedangkan 12 orang pasien melakukan perawatan di rumah sakit akibat masuk dalam kategori kasus bergejala.

"Pandemi COVID-19 belum usai, sehingga penerapan protokol kesehatan perlu tetap dilakukan dengan disiplin," ujarnya lagi.

Berdasarkan data Dinkes Provinsi Lampung diketahui jumlah tempat tidur yang terpakai untuk melakukan perawatan bagi pasien COVID-19 ada 506 tempat tidur, dari total 764 tempat tidur.

Dengan terpakainya 506 tempat tidur bagi perawatan pasien, jumlah sisa tempat tidur di sejumlah rumah sakit rujukan ada 258 buah, dengan rincian 240 tempat tidur tanpa ventilator, dan 18 tempat tidur dengan ventilator.

Baca juga: Tiga dokter kandungan RSD dr Soebandi Jember terpapar COVID-19
Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Madiun bertambah lima jadi 216

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020