Kita aman... sekarang adalah waktu untuk menangani tantangan besar, yaitu implementasi Program Nasional Vaksinasi COVID-19,
Warsawa (ANTARA) - Polandia sudah membeli lebih dari 60 juta dosis vaksin COVID-19 dari enam produsen, kata Perdana Menteri Mateusz Morwiecki, Selasa, ketika negara itu bersiap menggulirkan program vaksinasi awal 2021.

Polandia berencana memvaksin seluruh penduduknya yang berusia dewasa, yang berjumlah sekitar 30 juta orang.

Untuk itu, negara tersebut menyiapkan sekitar 8.000 titik vaksinasi di seluruh negeri --yang akan menjadi salah satu tantangan logistik terbesar yang pernah dihadapi lembaga layanan kesehatannya selama ini.

"Kita aman --dan sekarang adalah waktu untuk menangani tantangan besar, yaitu implementasi Program Nasional Vaksinasi COVID-19," tulis Morawiecki di Facebook.

Pemerintah mengumumkan keterangan lebih lanjut soal program tersebut pada Selasa.

Ajudan utama Morawiecki, Michal Dworczyk, mengatakan pada konferensi pers bahwa sejauh ini pemerintah memiliki cukup aplikasi dari individu-individu yang bersedia menyediakan tempat sebagai titik vaksinasi agar setiap minggu 180.000 orang bisa diimunisasi.

Namun, pemerintah mungkin menghadapi masalah dalam meyakinkan masyarakat untuk divaksinasi.

Survei terbaru yang digelar CBOS menunjukkan hampir separuh warga Polandia tidak berniat disuntik vaksin COVID.

Hingga Selasa, Polandia, negara berpenduduk sekitar 38 juta orang, telah melaporkan 1.076.180 kasus virus corona dan 20.592 kematian.

Sumber: Reuters

Baca juga: Korea Selatan akan beli jutaan dosis vaksin COVID-19

Baca juga: Brazil bicarakan pembelian 70 juta dosis vaksin COVID-19 dengan Pfizer

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020