Bogor (ANTARA News) - "Recognition and Mentoring Program" Institut Pertanian Bogor pada 2010 kembali menawarkan kepada mahasiswa Indonesia untuk mengikuti pelatihan "technopreneurship" secara gratis.

"Bagi mahasiswa yang tertarik bisa mengikuti pelatihan yang diselenggarakan `Recognition and Mentoring Program` Institut Pertanian Bogor (RAMP-IPB) dengan mengirimkan sejumlah persyaratan yang ada," kata juru bicara IPB, Ir Henny Windarti, MSi, kepada ANTARA di Bogor, Rabu.

Ia menjelaskan, "Intensive-Student Technopreneurship Program" 2010 (i-STEP 2010) merupakan salah satu program yang menawarkan peluang kepada 50 mahasiswa Indonesia untuk mengikuti pelatihan "technopreneurship" secara cuma-cuma selama dua minggu di IPB. Bahkan, kata dia, bagi peserta juga diberi pengganti biaya transportasi pulang-pergi, akomodasi (penginapan, makan, snack, dan lainnya selama pelatihan, termasuk seluruh materi.

Menurut dia, pelatihan tersebut terbuka untuk mahasiswa dan lulusan baru (maksimum satu tahun) dari berbagai perguruan tinggi yang memiliki minat untuk pengembangan invensi dan inovasi atau "technopreneurship" serta memiliki ide atau solusi teknologi untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang air, energi, kesehatan,
pertanian, atau keanekaragaman hayati.

Dikemukakannya bahwa inti pelatihan adalah bagaimana menumbuhkan ide inovasi teknologi dan membawanya sampai menjadi suatu bisnis atau usaha yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami mengistilahkannya sebagai `from idea to impact`," katanya.

Mengenai syarat bagi peminat di antaranya mahasiswa atau alumni yang baru lulus dari universitas di Jawa, Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Kemudian, yang bersangkutan harus memiliki ide inovasi teknologi yang bermanfat bagi masyarakat, mengisi formulir proposal dan dokumen-dokumen pendukungnya yang dapat diperoleh di rektorat masing-masing perguruan.

Bagi peminat, batas akhir pengiriman proposal adalah hingga 18 Juni 2010, di mana proposal-proposal tersebut akan diseleksi oleh tim.

Peserta yang terpilih akan berhak mengikuti pelatihan tersebut yang sepenuhnya dibiayai oleh RAMP-IPB.

Pengumuman yang lolos seleksi pada 5-7 Juli 2010, sedangkan pelaksanaan pelatihan pada 26 Juli - 7 Agustus 2010, demikian Henny Windarti.(*)
(A035/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010