Jakarta (ANTARA) - Hari ini Indonesia secara serentak melangsungkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, para calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah pun siap bertarung untuk memperebutkan kursinya, termasuk para calon dari kalangan selebritas.

Tak hanya menjadi wakil rakyat di DPR/DPRD, ternyata posisi wakil kepala daerah seperti mempunyai magnet bagi mereka.

Baca juga: Nicholas Saputra swafoto pemilu, warganet minta jangan dihapus

Siapa saja selebritas yang mencalonkan diri sebagai calon wakil kepada daerah? Berikut adalah daftarnya.

1. Sahrul Gunawan
Sempat gagal dalam pemilihan calon legislatif DPR RI periode 2019-2024 dari Partai Nasdem, Sahrul kini mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Kabupaten Bandung di bawah bendera partai yang sama.

Baca juga: PKS beri dukungan ke Dadang-Syahrul Gunawan di Pilkada Kab Bandung

2. Lucky Hakim
Lucky Hakim hari ini akan bertarung menjadi calon Wakil Bupati Indramayu bersama pasangan Nina Agustin Da'i Bachtiar yang merupakan anak dari mantan Kapolri Da'i Bachtiar. Lucky Hakim diusung oleh partai PDI Perjuangan, Gerindra dan Nasdem.

3. David Chalik
Berpasangan dengan Irwandi, David Chalik memastikan dirinya sebagai calon Wakil Walikota Bukittinggi, Sumatera Barat. Pasangan ini diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dan Nasdem.

Baca juga: David Chalik fokus tekuni politik

4. Iyeth Bustami
Pedangdut ini juga tidak mau ketinggalan untuk bertarung di Pilkada 2020. Iyeth mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis, Riau dan berpasangan dengan Kaderismanto yang diusung oleh PDIP dan PKB.

5. Adly Fairuz
Pernah gagal dalam pertarungan sebagai calon anggota legislatif DPR RI, Adly kembali maju dalam Pilkada 2020 dengan mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Karawang, Jawa Barat. Dia berpasangan dengan Yesi Karya Lianti yang diusung oleh PPP, PBB dan PAN. Adly sendiri didukung oleh PDIP.

Baca juga: Adly Fairuz ajak calon istri bertemu wapres Ma'ruf Amin

6. Firman Mutakin
Pemain sinetron "Cinta Fitri" ini akan bertarung sebagai calon Wakil Bupati Cilegon di Pilkada 2020 bersama pasangannya Ali Mujahidin. Firman melaju melalui jalur independen atau non-partai politik.

7. Fadia A Rafiq
Anak dari pedangdut A Rafiq ini mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Pekalongan bersama pasangan Riswadi. Pasangan ini diusung oleh PDIP, Golkar, PAN, PKS, Demokrat dan PSI.


Baca juga: Saat selebritas bersiap rayakan pesta demokrasi

Baca juga: Selebritas politik jadi target peretasan

Baca juga: Seleb mau komen politik, sebaiknya baca dulu nasehat Tompi

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020