Kupang (ANTARA) - Kepala Polda Nusa Tenggara Timur, Inspektur Jenderal Lotharia Latif, meninjau langsung proses pemungutan suara di sejumlah TPS di Kabupaten Sumba Timur, Rabu.

Kepada wartawan dsaat meninjau salah satu TPS di Kecamatan Kambera, Rabu, dia mengatakan, peninjauan langsung ini untuk memastikan pelaksanaan proses pemungutan suara di kabupaten itu berlangsung secara aman dan lancar. "Sampai saat ini situasai pelaksanaan pemungutan suara di NTT berjalan kondusif saja lebih khususnya lagi di Sumba Timur," katanya.

Baca juga: Situasi kamtibmas jelang pencoblosan di Papua relatif kondusif

Ia berharap kondisi kondusif seperti saat ini tetap terjaga sehingga NTT terbebas dari berbagai macam potensi konflik.

Selain itu, dia juga memastikan penerapan protokol kesehatan di setiap TPS juga sudah diterapkan secara baik.

Untuk memastikan Pilkada serentak 2020 di NTT berjalan aman, kata dia, sejumlah pejabat Polda NTT juga sudah disebar di sembilan kabupaten yang menyelengarakan Pilkada.

Baca juga: KSP: Antisipasi keamanan Pilkada Papua Barat cukup baik

"Pak Waka Polda lakukan pemantauan di Pilkada Ngada. Dan pejabat Polda lain juga memantau di sejumlah kabupaten lainnya," kata dia.

Lebih lanjut orang nomor satu di Polda NTT itu juga mengingatkan kepada semua pasangan dan tim sukses untuk melaksanakan proses pilkada secara aman dan damai serta siap menerima apa pun hasilnya. "Siap menang dan siap kalah, bila ada ketidakpuasan terhadap hasil agar menempuh jalur hukum yang telah diatur," ujarnya.

Baca juga: Wakapolri: Polisi siap amankan pilkada serentak
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020