PDIP Jatim: Kemenangan Erji bukti semangat kepahlawanan warga Surabaya

id pdip jatim,erji menang,pilkada serentak,pilkada 2020,pilkada,pilkada serentak 2020,pilkada surabaya

PDIP Jatim: Kemenangan Erji bukti semangat kepahlawanan warga Surabaya

Foto Dok - Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi (tengah) didampingi Sekretaris PDI Perjuangan Jatim Sri Untari Bisowarno (kanan) saat memberikan keterangan pers beberapa waktu lalu. (ANTARA Jatim/HO-Istimewa/FA)

Surabaya (ANTARA) - DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menilai kemenangan pasangan calon nomor urut 1 Eri Cahyadi-Armudji (Erji) pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Surabaya membuktikan semangat kepahlawanan warganya.

"Cara Arek-Arek Suroboyo memenangkan Eri-Armudji ini membuktikan semangat kepahlawanan," ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi ketika dikonfirmasi di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, pada tahapan Pilkada lalu, partainya merasa dikepung dan menghadapi dinamika serta berbagai isu yang disebutnya politik pecah-belah.

“Namun pasangan Eri Cahyadi-Armudji tetap teratas di semua hitung cepat lembaga survei, termasuk penghitungan 'real count' sementara dari KPU,” ucap politikus yang juga Ketua DPRD Jatim tersebut.

Baca juga: Eri-Armuji imbau pendukungya tidak euforia hasil hitung cepat

Baca juga: Tri Rismaharini minta warga Surabaya kembali bersatu


Berdasarkan data “Sirekap” yang dikutip dari laman pilkada2020.kpu.go.id, hingga hari ini pukul 17.00 WIB, pasangan Eri Cahyadi-Armudji meraih 57,5 persen suara, sedangkan Machfud Arifin-Mujiaman mendapat 42,5 persen suara.

Sementara itu, PDI Perjuangan juga optimistis bisa mempertahankan kepemimpinan di kabupaten/kota yang secara tradisional sebagai basis Banteng di Pilkada 2020.

Sesuai data awal hasil hitung cepat internal maupun eksternal yang masuk, pasangan calon yang diusung unggul di beberapa kabupaten yang sebelumnya dipimpin kepala daerah bukan dari PDI Perjuangan.

"Seperti Ponorogo, Gresik dan Situbondo termasuk kabupaten/kota baru yang bakal dipimpin pasangan calon kami. Sebelumnya pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan belum pernah menang di daerah ini," ucap-nya.

Sedangkan, daerah yang secara tradisional kepemimpinan-nya dipegang kader PDI Perjuangan, kata Kusnadi, hitungan internal maupun hitung cepat lembaga survei, menunjukkan hasil menggembirakan.

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno menambahkan, meski hasil awal PDI Perjuangan masih unggul di 11 kabupaten/kota, pihaknya tetap optimistis mampu memenangkan pilkada di Jatim sesuai target, yakni memang di 13 kabupaten/kota.

"Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDI Perjuangan Jatim masih mengumpulkan hasil suara dan prosesnya masih berjalan. Kami optimis bisa memenangkan pilkada minimal di 13 kabupaten/kota," tutur-nya.

Baca juga: Hitung cepat SSC: Erji ungguli Maju 14,68 persen pada Pilkada Surabaya

Baca juga: Cawali Surabaya Machfud minta semua pihak tunggu hasil resmi KPU

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar